Aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu berhubungan satu sama lainnya, dan aktivitas-aktivitas tersebut merupakan sebuah proses yang dinamakan proses manajemen. Kita menyadari perlunya kerja sama dalam melakukan kegiatan tersebut. Dan unsur terpenting dalam mewujudkan kerja sama itu adalah adanya manajemen. Jadi, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan konsep manajemen?
Istilah manajemen berasal dari bahasa Italia maneggio yang artinya tangan. Jadi, manajemen dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menangani atau mengelola dan mengawasi suatu aktivitas usaha. Dengan kata lain, manajemen merupakan suatu tindakan untuk mengurus, mengatur, mengarahkan, mengemudikan, menjalankan, membina, memimpin, dan melakukan pengawasan.
Bila kita pelajari lebih lanjut mengenai manajemen, maka istilah tersebut mempunyai tiga pengertian sebagai berikut.
Manajemen sebagai Suatu Proses
Dalam Encyclopedia Of The Social Science, dikatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses dan dengan proses itu pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Menurut Haimann, manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain, dan mengawasi usaha-usaha individu untuk men-capai tujuan bersama. Sedangkan George R. Terry mengatakan bahwa manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
Apabila kita perhatikan dari ketiga definisi di atas, maka akan tampak bahwa terdapat tiga hal yang penting yang terkandung pada pengertian manajemen, yaitu sebagai berikut.
- Adanya tujuan yang ingin dicapai.
- Tujuan dicapai dengan mempergunakan kegiatan orang-orang lain.
- Kegiatan-kegiatan orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.
Manajemen Sebagai Kolektivitas Orang yang Melakukan Aktivitas
Manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Dengan kata lain, segenap orang yang melakukan aktivitas mana-jemen dalam suatu badan tertentu disebut manajer. Manajer merupakan pejabat yang bertanggung jawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen, agar tujuan unit yang dipimpinnya tercapai, dengan menggunakan bantuan orang lain termasuk aktivitas-aktivitas manajemen antara lain perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian, dan pengawasan. Aktivitas-aktivitas tersebut sering disebut proses manajemen, fungsi-fungsi manajemen, bahkan ada yang menyebut unsur-unsur manajemen.
Manajemen Sebagai Suatu Seni dan Ilmu Pengetahuan
Manajemen merupakan suatu seni atau suatu ilmu. Mengenal hal ini pun sebenarnya belum ada keseragaman pendapat. Segolongan tertentu mengatakan bahwa manajemen itu adalah seni, golongan lain berpendapat bahwa manajemen itu adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat tersebut sama-sama mengandung kebenaran.
Chester I Bernard dalam bukunya The Function of the Executive mengakui bahwa manajemen itu adalah seni dan juga sebagai ilmu. Demikian pula Henry Fayol, Alfin Brown Harold Koontz, Cryil O’Donnel, dan George R. Terry beranggapan bahwa manajemen itu adalah ilmu, sekaligus sebagai seni.
Manajemen sebagai seni berfungsi mencapai tujuan yang nyata untuk mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan gejala-gejala, kejadian-kejadian, dan keadaan-keadaan yang ada.
Unsur keilmuan merupakan kumpulan pengetahuan tertentu, seperti dinyatakan oleh peraturan-peraturan atau pernyataan-pernyataan umum, dan dipertahankan oleh berbagai tingkat ujian dan penyelidikan. Unsur seni adalah pemakaian pengetahuan tersebut pada suatu situasi tertentu. Dengan pengalaman-pengalaman dalam pemakaian akan menjadi pembawaan, perkira-an suatu indra keenam, dan keahlian yang bersifat intuisi.
Skema Konsep Manajemen sebagai Ilmu dan Seni
Dalam kehidupan nyata sehari-hari, manajemen benar-benar melakukan kedua fungsi tersebut, yaitu selain sebagai ilmu, juga sebagai seni, sehingga dapat didefinisi-kan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, serta pengarahan dan pengawasan terhadap sumber daya manusia, untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu.
Pengertian Umum Konsep Manajemen
Istilah manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu to manage yang artinya mengendalikan, mengatur, menjalankan, memimpin, dan membina. Secara umum manajemen adalah suatu proses yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasi- an, pengarahan, pengoordinasian, dan pengendalian. Untuk menentukan serta mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain.
Terdapat beberapa definisi manajemen yang dikemukakan oleh para ahli. Menurut G.R Terry dalam bukunya “The Principle of Management”, manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
Harold Koontz dan Cyril O’Donnel dalam bukunya “The Principles of Management and Analysis of Management”, manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
Haiman menjelaskan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
Selain pengertian di atas, terdapat konsep yang menyatakan bahwa manajemen adalah suatu ilmu sekaligus seni. Manajemen dikatakan sebagai ilmu karena manajemen telah memenuhi persyaratan metode ilmiah. Karena manajemen dapat dianalisis dengan pendekatan ilmiah, maka dikenal manajemen ilmiah.
Adapun manajemen sebagai seni berkaitan dengan suatu keterampilan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan demikian manajemen sebagai seni mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu (how to do) dan sebagai ilmu.
Manajemen Sebagai Ilmu Menurut Para Ahli
Manajemen telah ada sejak lahirnya peradaban manusia, dan manajemen sebagai ilmu baru lahir pada akhir abad ke-19.
Mengenai batasan manajemen, di bawah ini diutarakan beberapa pendapat para ahli dari sarjana Indonesia.
Manajemen Menurut Para Ahli Sarjana Indonesia
- S. Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
- Sondang P. Siagian
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
- Karnadi Wargasasmita
Manajemen adalah mengatur, mengurus, memimpin, mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.
- The Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakan- tindakan dalam usaha kerja sama manusia, sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.
Manajemen Menurut Para Ahli Sarjana Barat
Adapun definisi manajemen yang dikemukakan oleh sarjana-sarjana barat, antara lain sebagai berikut.
- Webster’s Dictionary
Manajemen adalah tindakan mengendalikan, kecakapan dalam menjuruskan administrasi (management is the act of managing, skill in directing administration).
- Harold Koontz dan O’Donnell
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan- kegiatan daripada orang lain (management is getting things done through the effort of other people).
- John D. Millet
Manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas-fasilitas kerja terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan (management is the process of dircting and facilitating the work of people organized in formal groups to achieve a desired goal).
- George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain (management is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people).
- Frederick W. Taylor
Beliau mengemukakan empat prinsip manajemen penting, yaitu:
-
- Pengembangan metode kerja terbaik,
- Pemilihan serta pengembangan pekerja-pekerja,
- Usaha menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan terlatih,
- Adanya kerja sama antara manajer dengan non manajer dalam hal pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.
- Henry Fayol
Henry Fayol menekankan pada pandangannya tentang manajemen sebagai suatu hal yang terdiri atas fungsi-fungsi.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan, bahwa manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.
Selain itu, berdasarkan pengertian manajemen, terdapat tiga hal penting dalam manajemen, yaitu:
- Tujuan yang ingin dicapai,
- Pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain, dan
- Kegiatan orang lain itu harus dibimbing dan diawasi.
Agar memudahkan memahami konsep manajemen sebagai ilmu dan sebagai seni dapat dilihat pada bagan di bawah ini.
Tujuan Manajemen
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa suatu organisasi termasuk badan usaha melakukan kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah disepakati. Adapun tujuan manajemen menurut G.R Terry adalah sesuatu yang ingin dicapai, yang meliputi jangkauan tertentu, serta untuk menunjukkan ke mana usaha orang manajer diarahkan. Dalam sebuah organisasi ataupun badan usaha, biasanya memiliki beberapa tujuan manajemen yang dikelola yaitu, seperti berikut ini.
- Tujuan jangka pendek (proximate), misalnya tujuan pekerjaan, tujuan tugas, dan tujuan gerak.
- Tujuan jangka menengah (intermediate), misalnya tujuan produksi, tujuan pemasaran, tujuan keuangan, dan sebagainya.
- Tujuan jangka panjang (ultimate), misalnya perekrutan karyawan dan penyediaan lapangan kerja.