• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Jurnal Artikel > TEORI BELAJAR PENGOLAHAN INFORMASI

TEORI BELAJAR PENGOLAHAN INFORMASI

Admin MAS Al Ahrom by Operator
Mei 22, 2023
in Jurnal Artikel

Berbagai informasi yang memasuki pikiran setiap orang adalah melalui alat alat penginderaan, seperti melihat, mendengar atau merasakan.Setiap informasi yang masuk ke dalam alat penginderaan itu sebagian ada yang diabaikan dan ada yang masuk kedalam alat penginderaan tanpa disadari. Namun ada sebagian informasi disimpan sebantar di dalam memori dan kemudian dilupakan.

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap memori manusia untuk membatu para pakar teori belajar dalam menggambarkan proses mengingat taupun melupakan informasi

Dalam model pangolahan informasi (Gage dan Berliner, 1984) tampak bahwa stimulus fisik seperti cahaya, panas, tekanan udara, ataupun suara ditangkap oleh seseorang dan disimpan secara cepat di dalam sistem panampungan penginderaan jangka pendek (STSS).Apabila informasi itu diperhatikan, maka informasi itu disampaikan ke memori jangka pendek (STM) dan sistem panampungan memori kerja (WM). Informasi dalam STM dan WM jika dilang ulang ataupun disandikan maka dapat dimasukan dalam memori jangka panjang (LTM). Berikut di deskribsikan masing masing komponen dalam teori pengolahan informasi.

  • Pengampungan Kesan-kesan Penginderaan Jangka Pendek (STSS)

Komponen pertama sistem memori yang berfungsi menerima informasi baru adalah pusat penampungan kesan kesan penginderaan atau disebut juga memori ingderawi.komponen ini berfungsi menerma dan menahan informasi dalam waktu yang sangat singkat.Pusat penampungan kesan kean penginderaan ini menerima informasi dalam jumlah yang sangat banyak yang dihasilkan dari proses penginderaan dan menahanya dalam waktj yang sangat singkat yaitu tidak lebih dari 2 detik. Apabila informasi itu tidak diperhatikan maka informasi itu akan segera hilang.

Gage dan Berliner (1984) menyatakan bahwa stimulus yang berasal dari luar sebagian besar mampu membangkitkan respon seseorang. Stimulus yang mampu membangkitkan perhatian dapat dikelompokan dalam 4 kategori yaitu :

  • Stimulus psikofisik

Variasi intensitas, ukuran suara dan warna suatu stimulus dapat memunculkan respon tertentu.pendidik yang mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan suaranya berirama secara teratur, misalnya suara agak dikeraskan dengan suara agak dikeraskan dengan maksud memberi tekanan pada isi ateri tertentu, maka dapat membangkitkan respon pada diri peserta didik.

  • Stimulus emosional

Banyak stimulus yang mampu membangkitkan respon emosi seseorang. Pendidik yang mampu mendramatisir materi pelajaran, maka akan mampu memnagkitkan emosi peserta didik yang pada akhirnya peserta didik cepet memahami pelajaran baru.

  • Stimulus kesenjangan

Stimulus yang mampu membangkitkan perhatian sebagian terhgantung pada efek kebaharuan, kompleksitas, dan keunikannya.Pendidik dalam menjelaskan materi dengan menggunakan gambar, dan memberikan sedikit tulisan sebagai penjelasan akan lebih menarik dibandingkan dengan ketika pendidik memberikan banyak tulisan dalam menjelaskan materi pelajaran.

  • Manding stimuli

Mand merupakan pernyataan verbal yang memiliki konsekuensi tinggi.dalam pembelajaran misalnya, pendidik pada waktu menjelaskan materi pelajaran tiba tiba menyatakan “Nah! Sekarang perhatikan benda benda disekeliling kamu!”. Pernyataan verbal ini memberi konsekuensi tertentu sehinngga peserta didik segera memperhatikan benda n=benda yang ada di sekelilingnya.

  • Memori Jangka Pendek (STM) dan Memori Kerja (WM)

Kapasitas penampungan ini terbatas, kurang lebih tujuh penggal informasi.informasi dapat digeser oleh informasi baru.STM adalah memori kesadaran , yakni seseorang menyadari adanya informasi.

Informasi yang diamati dan diperhatikan oleh seseorang akan masuk ke dalam memori jangka pendek (STM) atau memori kerja (WM) melalui STSS. STM merupakan bagian dari memori dimana suatu informasi pada akhirnya dipikirkan untuk disimpan.Apabila seseorang berhenti memikirkakn informasi yang baru masuk, maka informasi akan segera hilang dari STM nya.

Salah satu cara untuk menyimpan informasi ke dalam STM adalah memikirkan atau mengucapkanya secara terus menerus. Proses mempertahankan informasi di dalam STM melalui pengulangan disebut reharsal.Reharsal ini penting dalam belajar karena semakin lama informasi itu berada di STM , semakin besar peluangnya untuk dialihkan kedalam LTM.

  • Memori Jangka Panjang (LTM)

Memori jangka panjang (LTM) adalah bagian dari sistem memori dimana seseorang menyimpan informasi untuk periode waktu yang lama. LTM memiliki kapasitas yang tidak terbatas dalam penyompanan informasi.

Para teorisi belajar kognitif membagi memori jangka panjang ke dalam 3 bagian, yaitu :

  • Memori episodik

Memori episodik adalah memori tentang pengalaman personal yakni semacam gambaran mental mengenai sesuatu yang telah dilihat atau di dengar

  • Memori semiantik

Berisi tentang fakta dan informasi tergeneralisasi ynag telah diketahui sebelumnya, konsep konsep, prinsip- prinsip, dan cara menggunakan informasi tersebut serta keterampilan pemecahan masalah dan strategi belajar

  • Memori prosedural

Memori prosedural menunjuk pada pengetahuan tentang cara mengerjakan sesuatu, terutama dalam tugas tugas fisik.

Memori epidosik, semantik, dan prosedural memiliki perbedaan dalam cara penyimpanan dan mengorganisir informasi. Informasi dalam memori episodik disimpan dala bentuk bayangan yang diatur berdasarkan kapan dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Informasi dalam memori semantik diatur dalam bentuk jaringan sejumlah gagasan yang oleh Piaget disebut skema.Informasi dalam memori prosedural disimpan dalam bentuk pasangan stimulus respon yang kompleks

Related Article

Majalah Sejarah Edisi Ketiga

Majalah Sejarah Edisi Ketiga

Juni 4, 2022
Konsep Model Pembelajaran Discovery Learning Serta Tahapannya

Model Pembelajaran Discovery Learning Serta Tahapannya

Desember 22, 2021
Peran Pluralisme Agama dalam Berbangsa dan Bernegara Indonesia

Peran Pluralisme Agama dalam Berbangsa dan Bernegara Indonesia

Desember 15, 2021
Psikologi Pendidikan Dalam Obyek Kajian Dan Teori Belajar

Psikologi Pendidikan Dalam Obyek Kajian Dan Teori Belajar

Desember 22, 2021
Previous Post

Variabel Bebas, Variabel Respon, Dan Variabel Kontrol Pada Penelitian

Next Post

Klasifikasi Media Pembelajaran Serta Kriteria Pemilihannya

Latest Posts

9 Teori Evolusi Menurut Para Ahli

9 Teori Evolusi Menurut Para Ahli

by Operator
April 9, 2025
0

Teori evolusi adalah pendapat yang mengatakan, bahwa terjadi perubahan secara pelan dan memakan waktu yang sangat lama dalam kehidupan makhluk hidup....

Kesadaran Nasionalisme, Awal Kehidupan Bangsa

Kesadaran Nasionalisme, Awal Kehidupan Bangsa

by Operator
Maret 31, 2025
0

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Berbagai masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia mulai dari masalah korupsi, kemiskinan, pengangguran, terorisme...

Pendidikan Islam Pada Pondok Pesantren Darussalam Gontor

Pendidikan Islam Pada Pondok Pesantren Darussalam Gontor

by Operator
Januari 22, 2025
0

Islam berperan sebagai agama yang membawa misi rahmat bagi seluruh alam memerlukan sarana untuk menerapkanya secara efektif dan efesien, salah...

Bukti Fisik Kejayaan Kasepuhan Cirebon

Bukti Kejayaan Kasepuhan Cirebon Saat Dipimpin Sunan Gunung Jati

by Operator
Juli 3, 2024
0

Puncak dari Keraton Cirebon serta bukti fisik dari kejayaan Kasepuhan Cirebon yang bisa kita lihat sekarang ini adalah berkat peran...

Konsep Pendidikan Islam Modern Pondok Pesantren Gontor

Konsep Pendidikan Islam Modern Pondok Pesantren Gontor

by Operator
Oktober 5, 2023
0

Secara garis besar Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren Gontor ala Trimurti dapat dibagi kedalam tiga bidang. Yaitu: integrasi sistem pendidikan...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya
Ekonomi

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

by Aida
Januari 4, 2022
0

Dalam konteks kaitannya dengan penyediaan barang publik oleh pemerintah, maka yang menjadi tujuan akhir adalah meningkatkan kondisi pareto...

modul sejarah peminatan kelas 11

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 11 SMA/MA

by Operator
Mei 25, 2022
0

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

Cara Install Windows 10 Lengkap Dengan Gambar

Cara Install Windows 10 Lengkap Dengan Gambar

by Operator
Januari 8, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

Konsep Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan) Menurut Ahli

Proses Mengambil Ukuran Dalam Menjahit

Sejarah Perkembangan Islam Periode Modern

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.