Advertisement
Continue Reading Below

Manfaat Tanaman Mengkudu Sebagai Obat Tradisional

Advertisement
Continue Reading Below
Manfaat Tanaman Mengkudu Sebagai Obat Tradisional
KARYA TULIS ILMIAH

Pemanfaatan Tanaman Mengkudu Sebagai Obat Tradisional

Laporan Ini Di Ajukan Sebagai Syarat Umum Untuk Menempuh Ujian Madrasah
Disusun Oleh :
 Nama : Muhammad Taufiqur Rohman
 NIS/NISN : 170692/0026432406
Program Studi : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL AHROM
MADRASAH ALIYAH AL AHROM KARANGSARI
TERAKREDITASI – B
Jl. Nangka No.45 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak
Telp. (0291) 690355 Email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Buah mengkudu yang kita kenal dengan sebutan buah pace. Buah ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Buah mengkudu dapat digunakan sebagai obat, dan daunnya juga dapat dimakan sebagai sayuran dengan nilai gizi yang sangat tinggi karena banyak mengandung vitamin A.

Masyarakat Indonesia dahulu memanfaatkan mengkudu ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun dengan seiringnya perkembangan zaman. Masyarakat Indonesia lebih memilih obat-obatan yang lebih modern, dan meninggalkan tradisi nenek moyang dulu.

Dan ketika krisis moneter melanda wilayah Indonesia, kini banyak orang memilih kembali ke alam atau masa dahulu di dalam kehidupannya, karena mereka banyak memikir kembali atau minuman yang mereka makan. Apabila kita tidak sermat dalam memilih makanan maka kita akan terkena penyakit. Dan mereka memilih kembali ke alam karena melihat ekonomi di Indonesia yang buruk, dan semakin mahalnya kebutuhan yang dipenuhi maka kini obat-obatan tradisional yang lebih murah dan mudah didapat dan ditemui disekitar rumah kita. Salah satunya adalah buah mengkudu, buah ini telah lulus dalam pengujiannya. Dan daunnya ini bisa dijadikan obat tradisional walaupun rasa daunnya tidak enak dan bikin getar lidah. Tapi khasiat mengkudu ini bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit sekali kencing manis, sariawan, diabetes, darah tinggi, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu digunakan sebagai obat tradisional, mengkudu juga digunakan sebagai bahan kimia, dengan adanya pengetahuan tentang khasiat mengkudu. maka kita tidak lupa dengan tanaman yang ada disekitar kita dan bisa kita tahu apa khasiat deari tanaman yang ada disekitar kita, maka kita akan menjaga dan merawatnya.

Supaya lebih bermanfaat lagi bagi kita karena tumbuhan ini sangat bagus bagi kesehatan dan lingkungan, dan juga banyak manfaat yang kita peroleh dari buah mengkudu ini, bukan hanya buah mengkudu saja. Tapi masih banyak lagi tumbuhan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan dari lingkungan disekitar kita. Daripada kita membeli obat di apotek yang harganya mahal lebih baik kita gunakan obat tradisional itu yang berasal dari tumbuhan disekitar kita yaitu buah mengkudu yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, karena mengingat kalau mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus akan berbahaya juga bagi tubuh kita, dan kita bisa merawat tanaman disekitar kita, maka kita akan mendapatkan manfaatnya.

B. Rumusan Masalah

  • Apa yang dimaksud buah mengkudu ?
  • Bagaimana ciri-ciri mengkudu ?
  • Apa manfaat yang terkandung dalam mengkudu ?
  • Bagaimana cara pengolahan mengkudu dengan cara tradisional ?
  • Apa yang dimaksud penyakit darah tinggi kencing manis dan demam ?
  • Apa manfaat dari daun mengkudu untuk kesehatan ?

C. Tujuan Penelitian

  • Mendiskripsikan pengertian buah mengkudu.
  • Mendiskripsikan ciri-ciri mengkudu.
  • Mendiskripsikan manfaat apa saja yang terkandung didalam mengkudu.
  • Mendiskripsikan cara mengobati mengkudu secara tradisional.
  • Mendiskripsikan pengertian penyakit darah tinggi, kencing manis, dan demam.
  • Mendiskripsikan manfaat daun mengkudu untuk kesehatan.

D. Manfaat Penulisan

  • Mengetahui pengertian mengkudu.
  • Mengetahui ciri-ciri mengkudu.
  • Mengetahui manfaat yang terkandung dalam mengkudu.
  • Mengetahui cara pengolahan mengkudu secara tradisional.
  • Mengetahui tentang penyakit darah tinggi, kencing manis, dan demam.
  • Mengetahui manfaat daun mengkudu untuk kesehatan.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Landasan Teori

Buah mengkudu (morinda tintoria/morinda citrifolia) yang di jawa terkenal dengan sebutan buah pace atau bentis yang berasal dari Asia Tenggara  terutama di Indonesia. Buah ini memiliki bau yang tidak enak atau bau yang menyengat. Namun, pace mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mengkudu sudah lama dikenal dan digunakan oleh orang yang berada di polinesia dan kepulauan carribean untuk mengatasi dan mgobati penyakit.

Mengkudu adalah buah asli Indonesia, kita sebagai penduduk Indonesia harus bisa menggali dan memanfaatkan sumber daya kekayaan alam kita. Selain itu mengkudu juga memiliki kemampuan untuk merontokan dan membersihkan sel-sel mati yang masih hidup, serta menumbuhkembangkan sel-sel baru sebagai pengganti sel yang telah mati.

Sebelum introduksi bahan celup sintetis, pewarna merah dari batangya dan kulit akar mengkudu ssangat penting sebagai pewarna batik. Pada abad ke-19 terdapat perkebunan di daerah pantai dibagian utara jawa dan pulau-pulau sekitarnya. Saat ini mengkudu ditanam dan dibudidayakan untuk kebutuhan obat-obatan. Hampir seluruh bagian pohon digunakan untuk obat. Di Vietnam akarnya dipakai untuk mengatasi kaku-kaku dan terbukti melawan ketegangan arteri batangnya digunakan sebagai obat antiseptik pada kulit dan luka lainnya. Daunnya untuk menyembuhkan disentri, diare, mual-mual, dan kejang-kejang. Buahnya juga digunakan untuk pengobatan asma dan gangguan pernafasan lainnya.

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Akar, daun dan buahnya mungkin mempunyai kandungan antelmintik. Dalam pengobatan tradisional, bagian yang digunakan mentah atau sebagai jus dan infusi atau minyak usap dan tapal. Walaupun berbau seperti keju busuk, buahnya dimakan mentah atau diolah lebih dulu, begitu juga daunnya.

Secara tradisional, masyarakat aceh menggunakan buah mengkudu sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nican paugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa. Karena itu, mengkudu sering ditanam didekat rumah di pedasaan di aceh. Selain itu, mengkudu juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan.

Cara untuk mengkonsumsi buah mengkudu yaitu gampang-gampangg susah. Jika kita tidak mengolah dengan benar, maka bukan manfaat yang kita dapat. Namun mudarat yang kita tanggung tapi buah mengkudu juga bisa berbahaya seperti yang terdapat dikulit mengkudu, dikulitnya terdapat jamur-jamur yang berbahaya bagi tubuh. Dan buah ini membutuhkan proses yang khusus maupun steril dalam pembuatannya.

B. Deskripsi Data

    1. Ciri-Ciri Umum Buah Mengkudu Diantaranya Adalah Pohon, Daun, Bunga, dan Buah.

  • Pohon

Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4-6 m. batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tidak berbulu,anak cabangnya bersegai empat. Tajuknya suklalu hijau sepanjang tahun. Kayu mengkudu mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Bisa digunakan untuk penopang tanaman lada.

  • Daun

Mengkudu mempunyai daun yang tebal dan mengkilap. Daunnya terletak berhadap-hadapan. Ukuran daunnya besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hijau mengkilap, dan pangkal daun pendek. Dan daun mengkudu dapat digunakan sebagai sayuran. Karena memiliki gizi yang tinggi dan banyak mengandung vitamin A.

  • Bunga

Bunga mengkudu berbentuk bulat lonjong, dan bunganya tumbuh diketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh normal. Bunganya berkelamin dua, mahkota bunga putih, berbentuk corong, benang sari tertincap dimulut mahkota, kepala putik berputing dua, bunga itu mekar dari kelopak berbentuk seperti tandon. Bunganya putih dan harum.

  • Buah

Buah mengkudu bulat lonjong sebesar telur ayam bahkan ada yang berdiameter 7,5-10 cm. Permukaan seperti segi banyak dan berbintik-bintik dan berkutil. Mula-mula buah berwarna hijau, menjelang masak menjadi putih kekuningan. Daging buah tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida, berwarna cokelat merah. Setelah lunak, daging buah mengkudu banyak mengandung air yang aromanya seperti keju busuk. Bau itu timbul karena pencampuran antara asam kaprik dan asam kaproat (senyawa lipid atau lemak yang gugusan molekulnya mudah menguap, menjadi bersifat seperti minyak atsiri). Akan tetapi buahnya banyak digunakan sebagai bahan untuk pengobatan.

    2. Manfaat Yang Terkandung Dalam Mengkudu

Banyak sekali manfaat yang ada dalam mengkudu yaitu untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh, keteraturan fungsi sel, dan mengganti sel-sel yang rusak. Selain manfaat tersebut mengkudu juga berguna sebagai obat penyembuh karena mengkudu mempunyai fungsi dibawah ini yaitu :

  • Meningkatkan energi tubuh
  • Mengurangi rasa sakit
  • Anti peradangan dan antitislamin
  • Mengandung anti zat bakteri yang dapat melindungi tubuh dari gangguan pencernaan dan serangan jantung.

Bukan hanya itu masih banyak lagi kandungan yang terdapat dalam mengkudu yaitu nutrisi. Nutrisi sangat dibutuhkan dalam tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral sangat dibutuhkan dalam tubuh seperti protein, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Zat anti bakteri, zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi seperti : Excheri Coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri phatogen (mematikan) seperti : Salmonella montivideo dan Shigella dusenteriae. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri. Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif. Dalam buah mengkudu terdapat senyawa scopoletin yang bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit. Scopoletin juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan normal menjadi rendah. Scopoletin yang terdapat dalam mengkudu dapat berinteraksi dengan nutraceuticals (makanan yang berfungsi untuk pengobatan).

    3. Cara Pengolahan Mengkudu Secara Tradisional

Berikut ini adalah beberapa contoh cara pengolahan secara tradisional, buah mengkudu untuk penyembuhan penyakit diantaranya:

  • Hipertensi

Bahan:

2 buah mengkudu yang telah masak di pohon dan

1 sendok makan madu

Cara membuat:

Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring cara menggunakannya diminum dan diulangi 2 hari.

  • Diabetes Milletus

Bahan dan cara membuat :

2 buah mengkudu direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih kemudian disaring . cara menggunakan diminum 2 kali sehari.

  • Sakit Kuning

Bahan :

2 buah mengkudu yang telah masak dipohon

1 potong gula batu

Cara membuat :

Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merada dan disaring. Cara menggunakan diminum 2 kali sehari, pagi, dan sore.

  • Demam (Masuk Angin dan Influenza)

Bahan :

1 buah mengkudu

1 rimpang kencur

Cara membuat :

Kedua bahan tersebut direbus dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan kemudian disaring. Cara menggunakan diminum 2 kali sehari, pagi, dan sore.

  • Menghilangkan Sisik Pada Kaki

Bahan :

Ambil buah mengkudu yang sudah masak di pohon ambil secukupnya

Cara membuat :

Bagian kiki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih.

  • Sakit Perut

Bahan :

Siapkan 2-3 daun mengkudu

Cara membuat :

Ditumbuk halus, ditambahkan garam, dan diseduh air panas. Cara menggunakan setelah dingin disaring dan diminum.

  • Batuk

Bahan :

1 buah mengkudu

½ daun POO (bujanggut)

Cara membuat :

Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring cara menggunakan diminum 2 kali sehari.

Bagi yang merasa kurang suka mengkonsumsi olahan mengkudu secara tradisional, karena hanya yang tidak enak maka sekarang sudah ada olahan produk dari buah mengkudu. Jadi kita bisa membuatnya dengan cara di jus maupun dengan cara lain. Dan bila kita mau membutuhkan dan mau membeli obat, maka sudah ada dijual di apotek sekitar kita.

Bukan hanya penyakit diatas yang dapat disembuhkan dengan mengkudu secara tradisional. Mengkudu juga memiliki manfaat untuk menghilangkan hawa lembab pada tubuh, meningkatkan kekuatan tulang, membersihkan darah, meluruskan kencing,, meluruhkan haid, melembabkan kulit, buah ini juga menjadi obat batuk, obat cacing pencahar dan antiseptik, radang amandel, sariawan, beri-beri rada ginjal, radang empedu, radang usus, disentri, cacar air, dan kegemukan dan masih banyak lagi manfaat yang ada dalam mengkudu utnuk pengobatan.

    4. Pengertian Penyakit Darah Tinggi, Kencing Manis, Dan Demam Yang Bisa Disembuhkan Dengan Mengkudu

  • Pengertian Tekanan Darah Tinggi

Pengertian tekanan darah tinggi (Hipertensi) adalah kondisi medis yang dimana terjadi karena peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu yang lama). Tekanan darah tinggi bertukfluasi dalam batas-batas tertentu tergantung posisi tubuh, umur, dan tingkat stress yang dialami.

Tekanan darah yang selalu tinggi jika tidak dilakukan sedini mungkin. Hipertensi akan meningkat yang mengakibatkan terjadinya komlikasi pada beberapa organ tubuh seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, otak, dan ginjal.

Pada sebagian besar orang yang menderita hipertensi tidak mengalami gejala yang ditimbulkan akan datang tiba-tiba, tanpa disengaja. Adapun gejala yang dimaksud adalah sakit kepala, pendarahan dan hidung, pusing dan kelelahan.

Tanaman mengkudu juga banyak khasiatnya terutama buahnya yang mengandung protein enzim yang bagus untuk kesehatan dan mengandung berbagai vitamin. Seperti vitamin C dalam konsentrasi yang tinggi jadi tanaman mengkudu penting untuk obat, untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi (hipertensi).

  • Pengertian Penyakit Kencing Manis

Diabetes melitus atau yang disebut dengan penyakit kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah dan kadar gula yang tinggi pula dalam air seni.

Diabetes melitus berasal dari bahasa yunani. Diabetes artinya mengalir terus dan melitus artinya madu atau manis, jadi istilah ini menunjukkan tentang keadaan tubuh penderita yaitu adanya cairan manis yang mengalir terus, penyakit ini disebabkan karena tubuh kekurangan insulin.

Insulin berkurang dalam tubuh karena pankreas sebagai pabriknya insulin sedang terganggu, sehingga berkurang fungsinya. Buah mengkudu bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis karena mengkudu mengandung zat kimia seperti proxeronine yang membantu memperbaiki reseptor. Insulin yang tidak mampu berfungsi dengan baik maka kita harus menghindari makanan yang terlalu manis dan bisa mengkonsumsi jangan berlebihan.

Untuk pencegahan dari penyakit tersebut kita sebaiknya harus menjaga dan mengatur pola makanan yang kita makan dan tubuh membutuhkan hormon indulin membantu dalam tubuh yaitu tugasnya mengubah gula yang ada di dalam menjadi glukogen tadi.

Dan penyakit ini timbul secara mendadak pada orang yang lanjut usia dan gejala sering muncul dan kerap diketahui bisa orang yang bersangkutan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan yang rutin. Dan apabila penyakit ini dibiaskan, maka tahun-tahun kemudian penderita akan terkena penyakit seperti jantung terganggunya fungsi ginjal dan lain sebagainya.

  • Pengertian Penyakit Demam

Demam adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, dan tidak enak badan. Batuk peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernapasan penyebabnya karena virus yang dikeluarkan melalui air liur terinfeksi, yang keluar pada saat penderita batuk atau bersin atau melaui kontak langsung dengan sekresi (ludah, air liur, dan ingus)

Gejala timbul 24-48 jam setelah terinfeksi dan bisa timbul secara tiba-tiba. Kedinginan biasanya merupakan petunjuk awal dari influenza. Pada beberapa hari pertama sering terjadi demam, bisa mencapai 38,4 – 39,4ºC. banyak penderita yang mereka merasakan sakit dan nyeri diseluruh tubuhnya terutama dipunggung dan tungkai. Pada awalnyagejala saluran pernapasan relative tingan, berupa rasa gatal ditenggorokan, rasa panas di dada, dan hidung berair. Kemudian batuk akan menghambat dan berdahak, kulit terasa hangat dan kemerahan terutama dibagian wajah.

Mulut dan tenggorokan berwarna kemerahan, mata berair dan bagian putihnya mengalami peradangan ringan, kadang-kadang bisa terjadi mual dan muntah-muntah terutama pada kanak-kanak. Setelah 2-3 hari sebagian besar gejala akan menghilang dengan segera dari demam biasanya mereda.

Dan mengkudu dapat digunakan untuk penymebuhan demam karena mengkudu mengandung melatonin dan serotinin yang dapat membantu mengatur suhu tubuh dan juga anti peredangan dari antikistamin.

C. Analisis Data

Banyak sekali manfaat dan mengkudu, bukan hanya buah saja, daunnya juga banyak sekali manfaatnya, berikut beberapa manfaat dari daun mengkudu :

  • Menyembuhkan penyakit antiseptik
  • Menguatkan kondisi badan yang sangat lemah
  • Melangsingkan atau mengecilkan tubuh
  • Melancarkan pencernaan
  • Menyembuhkan berbagai penyakit

Perkembangan mengkudu di Indonesia menurut data statistik tahun 2003 areal tanaman  mengkudu yang di budidayakan di15 propinsi seluas 23  hektar dengan produksi sekitar 1.910 ton dan meningkat menjadi 73 hektar pada tahun 2004 dengan produksi sebesar 3.509 ton. Sebaran daerah dan luas  areal tanaman mengkudu  dapat di lihat pada Tabel 1.

Tabel 1. Luas dan Produksi mengkudu  Indonesia Tahun 2004

Daerah Sebaran

(Propinsi)

Luas Areal

(ha)

Produksi

(ton)

Sumatera Utara

10.420

49.663

Riau

10.688

19.419

Jambi

4.245

28.640

DKI Jakarta

0.765

5.630

Jawa Barat

138.900

557.574

Jawa Tengah

35.140

91.490

D.I Yogyakarta

32.869

200.375

Jawa Timur

321.568

1840.315

Banten

111.818

343.642

Bali

0.993

8.114

Kalimantan  Barat

6.978

22.608

Kalimantan  Timur

24.727

107.220

Sulawesi Utara

14.460

204.469

Sulawesi Selatan

12.200

29.414

Gorontalo

0.420

0.154

JUMLAH

725.813

3509.087

 

Pemanfaatan  mengkudu  sebagai  obat  tradisional  baik  di  dalam  maupun  di  luar  negeri sebenarnya  sudah  sejak  ribuan  tahun  lalu.  Riset  medis  tentang  khasiat  mengkudu  dimulai pada tahun  1950  dengan  ditemukannya  zat  anti bakteri terhadap  Eherchia  coli,  M.pyrogenes  dan P. aeruginosa  yang ditulis dalam jurnal ilmiah Pacific Science. Waha (2001) mengemukakan bahwa senyawa  xeronin  dan  prekursornya  yang  dinamakan  prexoronin  di temukan  dalam jumlah  besar pada  buah  mengkudu  oleh  seorang  ahli biokimia  dari Amerika  Serikat  bernama  Heinicke  pada tahun  1972.   Xeronin  merupakan  zat  penting  dalam  tubuh  yang  mengatur  fungsi  dan  bentuk protein spesifik  sel-sel tubuh.  Tahun 1980  melalui berbagai riset terbukti bahwa mengkudu dapat menurunkan  tekan darah tinggi.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Buah mengkudu atau pace adalah tanaman yang sering kita jumpai mudah didapatkan terutama di Jawa. Buah ini bentuknya tidak seksi dan memiliki bau yang tidak enak, tetapi buah ini mempunyai manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ciri-ciri buah mengkudu yaitu pohonnya tidak terlalu besar, batangnya bengkok-bengkok dan berwarna cokelat ke abu-abuan, daunnya tebal, dan buahnya berbintik-bintik. Jika suda matang warnanya putih transparan dan mengeluarkan aroma yang busuk.

Manfaat yang terkandung dalam mengkudu yaitu dapat meningkatkan energi tubuh atau mengurangi rasa pahit, anti peradangan dan antitistamin. Buah ini juga mengandung zat scopoletin yang fungsinya untuk menurunkan tekanan darah tinggi dari normal menjadi rendah.

Cara mengolah mengkudu secara tradisional yaitu bermacam-macam tergantung pada penyakitnya, dan apabila kita mengolahnya harus membutuhkan proses yang khusus dan steril. Bukan hanya buahnya saja daun mengkudu juga banyak manfaatnya untuk kesehatan seperti menyembuhkan penyakit ambient, melancarkan pencernaan, melangsingkan tubuh dan lain-lain.

B. Saran

Masyarakat seharusnya dapat memanfaatkan tanaman yang ada disekitar, bahwa tanaman yang kita abaikan ternayata mempunyai manfaat yang cukup besar bagi kita untuk kesehatan, salah satunya tanaman mengkudu. Walaupun buah mengkudu baunya tidak enak, tetapi buah ini bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan.

DAFTAR PUSTAKA

Waha, L.G. 2001. Sehat Dengan Mengkudu. MSF Group : Jakarta

bismillahku.blogspot.com/2011/06/khasiat-mengkudu

drwox.com/membuat-mengkudu-bagi-kesehatan

https://doktersehat.com

https://id.m.wikipedia.org

https://mediasuper.blogspot

https://obatherbal.com

https://obattradisional.com

tanamansehat.blogspot.com

https://www.ekafood.com/riset.html

https://www.sehalq.com

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Artikel Terkait

Artikel Terkait

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)