Manfaat Buah Sirsak Untuk Menyembuhkan Penyakit di Tubuh

Advertisement
Continue Reading Below
slide1
KARYA TULIS ILMIAH

Manfaat Buah Sirsak Untuk Menyembuhkan Penyakit di Tubuh

Laporan Ini Diajukan Sebagai Syarat Untuk Menempuh Ujian Madrasah
Disusun Oleh :
Nama: Siti Malikah
NIS/NISN: 170739/0029804190
Program Studi: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL AHROM
MADRASAH ALIYAH AL AHROM KARANGSARI
TERAKREDITASI – B
Jl. Nangka No.45 Kelurahan Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak
Telp. (0291) 690355 Email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Website https://mas-alahrom.my.id/
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 

BAB I
PENDAHULUAN KHASIAT BUAH SIRSAK

  1. Latar Belakang Manfaat Buah Sirsak

Daun sirsak ialah salah satu tanaman yang mengandung antioksida yang dapat menghambat pembentukan asam urat dari purin. Pengobatan asam urat terdiri dari dua jenis pengobatan, salah satunya ialah menggunakan cara non formakologi dengan mengunakan daun sirsak yang memiliki kandungan zat yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah, dan penelitian tentang manfaat buah sirsak dikalangan masyarakat dalam menurunkan kadar asam urat juga belum banyak dilakukan.

Disamping itu, potensi daya serap pasar buah segar cukup baik, meskipun volume pernintaan  pasar tidak sebesar untuk memasok agroindustri kosentrat. Misalnya, di kawasan  wisata pelabuhan ratu, khususnya disepanjang jalan raya Cibadak-Pelabuhan ratu-Cisolok, banyak dijumpai kios-kios pedagang buah sirsak, pembeli buah sirsak segar pada umumya para wisatawan dosmetik. Sebagian dari wisatawan domestik mengonsumsi buah sirsak pada keadaan segar. Sebagian besar para pembeli buah sirsak tersebut membawa pulang buahnya untuk dimanfaatkan menjadi jus buah sirsak.

Manfaat dari buah sirsak dijadikan produk utama dari komoditas sirsak yang diminta pasar dunia adalah kosentrat dan puree sirsak. Negara mengimpor produk kosentrat buah sirsak, antara lain Amerika Serikat, Eropa Barat, Timur Tenggah, dan Jepang. Tanaman sorsak di Indonesia mempunyai potensi dan prospek yang sama dengan Negara-Negara lain di dunia, apabila dikelolah secara intensif berpola agribisnis dan agroindustri sebagai sumber pendapatan(devisa) Negara melalui ekspor. Produk buah sirsak di dalam Negeri diserap oleh pabrik jus sirsak, seperti ultra jaya dan ABC.

Indonesia mempunyai potensi dan prospek cerah untuk membangun dan mengembangkan usaha tanaman buah-buahan berpola komersial (agribisnis), mengingat berbagai jenis buah tropis yang ada diwilayah nusantara banyak di gemari oleh konsumen (pasar), baik didalam Negeri maupun diluar Negeri. Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk menyusun karya tulis ilmiah ini berjudul "khasiat  dan manfaat buahsirsak bagi kesehatan".

  1. Rumusan Masalah Khasiat Buah Sirsak

    • Bagaimana cara budi daya tanaman sirsak?
    • Apa saja kegunaan daun sirsak?
    • Bagaimana manfaat daun sirsak agar bisa menjadikan kesehatan bagi tubuh?
  1. Tujuan Penelitian Pemanfaatan Buah Sirsak

    • Untuk mengetahui cara budi daya tanaman sirsak
    • Untuk mengetahui kegunaan dari daun sirsak
    • Untuk mengetahui manfaat daun sirsak untuk kesehatan bagi tubuh
  1. Manfaat Penulisan

    • Memberi informasi kepada pembaca mengenai cara budi daya tanaman sirsak
    • Pembaca dapat mengetahui kegunaan dari daun sirsak
    • Pembaca dapat mengetahui manfaat daun sirsak untuk dijadikan kesehatan bagi tubuh.

BAB II
PEMBAHASAN PEMANFAATAN BUAH SIRSAK

manfaat buah sirsak

  1. Landasan Teori

Sirsak merupakan jenis tanaman yang paling mudah tumbuh diantara jenis jenis annona lainnya dan memerlukan iklan tropik yang hangat dan lembab. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1200m dari permukaan laut. Tanaman sirsak dapat tumbuh sangat baik pada keadaan iklim bersuhu 22-28°C, dengan kelembaban dan cerah hujan berkusar antara 1500-2500 mm pertahun. Daun sirsak mengandung senyawa flavonoid, triterpenoid, saponin, polifenol, dan metaboloit sekunder lainnya, sehingga diduga manfaat buah sirsak ini mampu menjadi bahan anti kanker.

Sirsak adalah tanaman buah yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tenggah. Sirsak yang dikenal dengan durian belanda ini memiliki buah yang bukan buah, karena yang dimaksud dengan buah pada sirsak adalah buah agregat atau kumpulan buah-buah yang memiliki biji tunggal berhimpit dan kehilangan batas antar masing-masing buah.

Sirsak dapat tumbuh pada daerah beriklim lembab baik itu di dataran rendah maupun dataran tinggi, dengan ketinggian hingga 1000mdpl. Pada daerah beriklim kering tanaman sirsak juga dapat tumbuh disemua jenis tanah dengan PH tanah yang baik untuk menanam sirsak adalah sekitar 5,5 hingga 7.

Tanaman sirsak meniliki nilai ekonomi dan sosial yang cukup tinggi. Ditinjau daru aspek ekonomi, tanaman sirsak sebagai bahan obat untuk kesehatan dan dapat dijadikan sumber usaha baru secara komersial untuk kebutuhan bahan baku pabrik jamu, herbal, obat tradisional, dan bahan baku obat modern. Hal ini akan memberikan kontrubusi terhadap peningkatan pendapat masyarakat dan devisa Negara.

  1. Deskripsi Data

  1. Cara Budidaya Tanaman Sirsak

Tanaman sirsak dapat dibudidayakan  secara intensif di lahan pekarangan dan kebun. Budidaya skala pekarangan merupakan perpaduan antara teknologi budidaya tanaman sirsak dengan hobi bertanam atau berkebun, sedangkanpada skala perkebunan diarahkan secara komersial. Inti teknologi budidaya tanaman sirsak meliputi penyiapan bibit, lahan, penanaman, pemeliharaan tanaman hingga panen.

Budidaya tanaman sirsak dipekarangan dapat dilakukan sebagai pengisi lahan yang kosong atau pelengkap sebuah kebun, dalam pot atau drum sebagai perpaduan teknologi budidaya dan seni perkebunan dalam wadah atau tempat yang terbatas. Pada prinsipnya, berbagai jenis buah buahan termasuk tanaman sirsak dapat ditanam dan wadah yang lun demikian, perlu diperhatikan pula tingkat kemudahan berbunga atau berbuahnya suatu jenis tanaman buah buahan.

  1. Manfaat Daun Sirsak

Sirsak merupakan tanaman yang mempunyai manfaat besar bagi kehidupan manusia, yaitu sebagai tanaman buah syarat dengan gizi dan merupakan bahan obat tradisionao yang memiliki sebagai khasiat. Di Indonesia sendiri masyarakat telah banyak menggunakan daun sirsak sebagai obat batuk, di Kalimantan digunnakan untuk obat demam. Etnis kutai memiliki daun sirsak untuk mengobati diare, sedangkan masyarakat dayak percaya bahwa mengomsumsi daun sirsak untuk menghilangkan mual.

Buah sirsak mengandung serat dan vitamin. Setiap butir sirsak mengandung konsumsi rata rata 67,5%, daging buah yang dapat dimakan, 20%.kulit buah, 85% biji, 4% hati atau empelur, selain mengandung vitamin a,b, dan c, kandungan lainnya adalah sukrosa. Sirsak banyak kandungan fitokimia yang bermanfaat, yaitu annonacebus acetogenin, alkaloid, quinolines, isoquinolines, tanin, methanolic, saponin, coumalin, procyanidis, flavanoid, acetaldehyde.

  1. Cara Mengolah Daun Sirsak

    1. Cara pengelolahan daun sirsak untuk mengatasi kolestrol
      • Siapkan daun sirsak secukupnya dan rebus dalam 1 gelas hingga mendidih
      • Tunggu hingga rebusan air yang tersisa tinggal setengahnya
      • Anda bisa minum saat hangat atau tidak panas dan konsumsi rutin dalam sekali 2hari
    1. Cara pengelolahan daun sirsak untuk masker wajah
      • Siapkan 8 lembar daun sirsak dan tumbuk hingga halus
      • Tambahkan sedikit air lalu campurkan hingga rata
      • Oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering.
    1. Cara pengelolahan teh daun sirsak
      • Siapkan 10-15 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih,
      • Rebus dengan 3 gelas air, dengan api kecil sampai air tersisa sepertiga bagian
      • Selama merebus tembikar dalam keadaan tertutup
      • Saring air rebusan daun sirsak, air saringan siap di minum
  1. Analisis Data

  1. Pembibitan

Bibit sirsak dapat diperoleh dengan 2 cara yaitu dengan cara cangkok. Saat melakukan penanaman anda juga harus memperhatikan jarak tanam yang ideal antara tanaman sirsak yang satu dengan tanaman sirsak yang lain. Jarak ideal yang bisa untuk menanam sirsak adalah sekitar 3m×4m atau juga 4m×6m tergantung dengan varietas sirsak yang ditanam serta ukuran lahan tanam budidaya sirsak.

  1. Lahan Tanam

Lahan yang akan digunnakan untuk digemburkan dahulu dengan cara dibajak sebanyak 2kali, kemudian bersihkan rumput juga sisa tanaman. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm×50cm×50cm dan beri pupuk kandang atau pupuk kompos yang telah matang 10-15kg atau lubang yang dicampur dengan tanah pada setiap lubang.

  1. Penanaman

Benih sirsak yang sudah siap tanam yaitu berumur sekitar 2/3 bulan, selanjutnya ditanam pada lubang tanaman yang telah dibuat. Timbun bubit dengan tanah hingga dekat pangkal batang lalu padatkan dan siram hingga cukup basah.

  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan yang perlu dilakukan pada tanaman sirsak antara lain, penyulama, pengaraian, pemangkasan, penyiagaan dan pengendalian hama.

  1. Panen

Buah sirsak sebaiknya dipanen apabila sudah tua benar. Buah yang tua yaitu memiliki duri duri yang sudah saling berjauhan dan warna kulit buah yang semua hijau menjadi hijau kekuningan.

 

Silahkan download dokumennya disini atau disini

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)