Berikut ini beberapa gangguan yang terjadi di bagian kepala silinder sepeda motor. Gangguan tersebut terjadi karena beberapa faktor salah satunya yaitu faktor komponen yang sudah aus atau rusak. Terdapat mekanisme katup pada bagian kepala silinder motor empat langkah. Dengan kata lain, gangguan mekanisme katup merupakan faktor gangguan yang terjadi pada kepala silinder. Gangguan yang sering terjadi biasanya kerusakan ulir busi bagian kepala silinder yang diakibatkan oleh peenggantian busi yang tidak sesuai standar, baik pada saat mengganti busi maupun pemakaian tipe busi yang tidak sesuai standar.
Hal lainnya yang terjadi pada mesin empat langkah adalah terjadinya kebocoran sistem pendingin cairan (sistem pendingin dalam) sehingga kepala silinder dan mekanisme mesin cepat panas akibat berkurangnya cairan yang menyebabkan kinerja sistem pendingin dalam terganggu dan bermasalah. Permukaan kepala silinder yang tidak rata merupakan gangguan yang bisa mengakibatkan kebocoran kompresi sehingga berpengaruh bagi sistem pengapian.
Berikut ini merupakan gangguan lain yang terjadi pada kepala silinder dan mekanisme mesin, antara lain :
- Mesin susah hidup dan tenaga mesin lemah pada kecepatan rendah, atau mesin motor sering mendadak mati pada saat operasi.
Hal tersebut terjadi akibat penyetelan katup yang terlalu rapat, cincin piston sudah aus seingga terjadi kebocoran kompresi pada cincin kompresi, blok silinder aus, kepala katup terbakar sehingga terjadi kebocoran, atau gasket sebagai perapat antara kepala silinder dan blok silinder mengalami kebocoran yang mengakibatkan tekanan kompresi lemah.
- Mesin cepat panas, terjadi ledakan pada saat di kick starter akibat tekanan kompresi terlalu tinggi
Tekanan kompresi terlalu tinggi biasanya dikarenakan oleh kotoran atau endapan kerak karbon yang melekat pada kepala katup, cekungan kepala silinder (ruang bakar) dan ujung piston. Hal tersebut diperbaiki dengan melakukan pembersihan kerak karbon bagian katup, lubang katup, cekungan kepala silinder dengan cara disekir.
- Putaran stasioner pada mesin kasar dan knalpot banyak keluar asap
Putaran stasioner mesin terasa kasar terjadi dikarenakan oleh tekanan kompresi dalam blok silinder lemah dan system bahan bakar tidak bekerja dengan baik. Keluar banyak asap pada knalpot disebabkan oleh batang katup (valve Gide) dan perapat batang katup (valve seal) yang sudah aus dan rusak.
- Mesin berisik
Mesin berisik disebabkan oleh penyetelan katup yang tidak tepat, katup mengalami macet dan pegas katup patah, poros bubungan mengalami aus atau rusak, pelatuk dan poros mengalami aus, pelatuk dan ujung valve steam aus, rantai sintrik longgar, tensioner rantai sintrik sudah aus atau rusak, dan bagian blok silinder, piston, atau ring piston mengalami kerusakan.
Demikianlah beberapa hal gangguan yang terjadi pada bagian kepala silinder. Tentunya dengan analisa gangguan yang terjadi pada bagian kepala silinder. Masih banyak faktor-faktor lainnya yang mengakibatkan permasalahan bagian kepala silinder, bahkan pada komponen sepeda motor itu sendiri terutama pada bagian mesin.
Dari beberapa hal yang telah diuraikan sebelumnya dan pengalaman saya maka dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan, pengukuran, dan diagnosa permasalahan pada bagian kepala silinder dapat diperinci oleh tabel berikut:
Masalah dan Kemungkinan Penyebab pada Kepala Silinder
No. |
Penyebab |
Kemungkinan Penyebab |
Solusi |
1 |
Busi lebih cepat kotor (mesin cepat mati). |
Terjadi kerenggangan pada bos klep (valve guide) dan pada tangkai klep (valve stem) yang sudah aus (terlalu longgar) |
Ganti |
Seal oli valve stem yang rusak atau aus |
Ganti |
||
2 |
Tekanan kompresi rendah, mesin sulit dihidupkan, dan tenaga mesin lemah |
Piston atau Blok silinder lecet/ aus |
Oversize/ganti |
Ring piston aus |
Ganti |
||
Penyetelan katup tidak sesuai |
Setel ulang |
||
Katup bengkok atau terbakar |
Ganti |
||
Pegas katup patah |
Ganti |
||
Dudukan katup tidak rata |
Setel ulang |
||
Waktu buka tutup katup tidak sesuai (valve timing) |
Setel ulang |
||
3 |
Tekanan kompresi tinggi dan mesin cepat panas |
Terdapat endapan kerak karbon dikepala katup, kepala piston, dan ruang bakar, |
Bersihkan lakukan sekir |
Terdapat endapan kerak karbon di kepala piston |
Bersihkan |
||
Ruang bakar kotor |
Bersihkan |
||
4 |
Terjadi panas yang berlebihan pada bagian mesin dan kepala silinder (overheating) |
Sistem pendinginan terganggu, yang diakibatkan beberapa hal, yaitu radiator tersumbat, kipas pendingin macet dan lain-lain) |
Bersihkan |
Sistem pelumasan yang terganggu |
Perbaiki |
||
Akibat dari tekanan kompresi yang terlalu tinggi. Tekanan kompresi terlalu tinggi. |
Perbaiki |
||
Saat pengapian terlalu awal |
Perbaiki |