• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Otomotif > Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Karburator Sepeda Motor

Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Karburator Sepeda Motor

Bambang Sumantoro by Bambang Sumantoro
Oktober 14, 2022
in Otomotif

Masalah yang umum terjadi pada sistem bahan bakar karburator yaitu antara lain :

  1. Mesin Tidak Bisa Hidup pada Saat Distarter atau Diengkol

Lakukan pemeriksaan pada selang bahan bakar yang mengalir ke karburator. Jika terindikasi bahan bakar bensin tidak mengalir, beberapa kemungkinan yang terjadi yaitu bensin habis, saluran dan saringan bahan bakar yang tersumbat, macet atau tersumbat, ada kebocoran pada saluran udara masuk, ataupun mesin kebanjiran bensin.

  1. Mesin Susah Untuk Dihidupkan

Lakukan pemeriksaan pada bagian busi. Jika busi basah, maka kemungkinan penyebabnya yaitu antara lain.

  1. Karburator mengalami banjir (tergenang oleh cairan bensin) yang terdapat pada bagian mangkuknya.
  2. Choke yang selalu tertutup. c. Saringan udara kotor.
  3. Macet atau rusak.
  4. Ada kebocoran pada saluran udara masuk. f. Karburator tidak berfungsi dengan benar. g. Saluran udara tersumbat

Saat menghidupkan mesin, kemudian mesin hidup lalu mati lagi kemungkinan ada penyetelan karburator yang tidak tepat, adanya kebocoran pada intake manifold, atau bahan bakar bensin kotor.

  1. Terjadi Ledakan-Ledakan pada Karburator

Adanya ledakan-ledakan pada karburator saat menghidupkan sepeda motor, selain masalah kebocoran kompresi yaitu adanya gangguan pada sistem pengapian dan karburator tidak berfungsi dengan normal.

  1. Putaran Stasioner Tidak Rata

Saat sepeda motor pada posisi langsam atau stasioner, biasanya suara mesin terasa tersendat-sendat. Hal tersebut penyebabnya antara lain karburator tidak berfungsi dengan benar, gangguan pada sistem pengapian, ada kebocoran pada saluran udara masuk, dan penyetelan sekrup udara yang tidak tepat.

  1. Motor Kurang Bertenaga

Mesin motor yang kurang bertenaga juga bisa diakibatkan oleh kondisi karburator kotor. Karburator yang kotor penyebabnya antara lain karburator jarang dibersihkan, bahan bakar kotor atau terdapat campuran air, dan adanya penyumbatan pada saluran karburator.

  1. Performa Mesin Kurang pada Putaran Stasioner atau Kecepatan Rendah

Lakukan pemeriksaan pada penyetelan karburator, jika diperiksa terdapat penyetelan yang tidak tepat, ada indikasi yang kemungkinan disebabkan oleh campuran bahan bakar yang tidak tepat (campuran terlalu miskin atau terlalu kaya), choke tertutup, saluran pada karburator kotor, dan tutup tangki tersumbat.

Langkah selanjutnya yaitu pemeriksaan kebocoran pada saluran pemasukan (intake manifold). Jika diketahui adanya kebocoran, hal tersebut disebabkan adanya keretakan pada bagian insulator, intake manifold bocor, O-ring insulator terjepit atau kaku, dan pemasangan karburator yang longgar.

  1. Performa Mesin Kurang pada Kecepatan Tinggi

Terjadi akibat tidak lancarnya aliran bahan bakar ke karburator. Masalah tersebut penyebabnya antara lain filter bensin kotor, saluran bensin kotor, bensin kotor, ataupun spruyer main jet yang tersumbat. Pemeriksaan karburator jika terindikasi karburator kotor, selain dari masalah tersebut adalah akibat karburator yang jarang dibersihkan.

  1. Gas Buang pada Knalpot Berwarna Hitam

Penyebab gas buang pada knalpot berwarna hitam, salah satu penyebabnya yaitu penyetelan pada karburator yang tidak tepat, saringan udara tersumbat, dan choke tidak di- tutup secara tepat.

  1. Campuran Bahan Bakar Terlalu Miskin

Penyebab campuran bahan bakar terlalu miskin penyebabnya yaitu :

    1. Fuel jet tersumbat;
    2. Float valve tidak bekerja dengan baik;
    3. Float level (tinggi pelampung) terlalu rendah;
    4. Saluran bahan bakar terhambat;
    5. Karburator air vent hose tersumbat;
    6. Lubang pernapasan tangka bahan bakar terhambat;
    7. Ada kebocoran udara masuk;
    8. Vacuum piston tidak bekerja dengan baik
  1. Campuran bahan bakar terlalu kaya

Penyebabkan campuran bahan bakar terlalu kaya disebabkan oleh :

  1. SE valve pada posisi ON;
  2. Float valve tidak bekerja dengan baik;
  3. Float level terlalu tinggi;
  4. Air jets tersumbat;
  5. Air cleaner element terkontaminasi;
  6. Needle jet aus;
  7. Vacuum piston tidak bekerja dengan baik dan karburator banjir

Menyetel campuran bahan bakar

Penyetelan campuran bahan bakar yaitu campuran udara dan bahan bakar sebagai berikut.

  1. Putar sekrup udara (pilot air screw) searah jarum jam sampai duduk dengan ringan dan kemudian kembalikan pada posisi sesuai spesifikasi yang diberikan. Bukaan awal sekrup udara : 2 – 2 1/4 putaran keluar (untuk lebih pastinya, lihat buku manual sepeda motor yang diservice).
  2. Hangatkan mesin sampai pada suhu operasi/suhu kerja mesin. Matikan mesin dan pasang tachometer (pengukur putaran mesin) yang disesuaikan dengan instruksi penggunaan oleh pabrikan tachometer.
  3. Hidupkan mesin dan setel putaran stasioner mesin dengan sekrup penahan skep. Putaran stasioner/langsam : 1400 ± 100 rpm (standar manual service sepeda motor yang bersangkutan).
  4. Putar sekrup udara masuk atau keluar secara perlahan sampai diperoleh kecepatan mesin tertinggi kemudian setel kembali putaran stasioner mesin dengan memutar sekrup penahan skip.

Merawat secara berkala pada sistem bahan bakar karburator

Perawatan sistem bahan bakar karburator adalah dengan melakukan perawatan pada mekanisme sistem bahan bakar secara berkala. Biasanya pada saat penggantian oli mesin rutin, selain dari mengganti oli mesin selalu dilakukan pembongkaran pada sistem bahan bakar salah satunya yaitu pembongkaran pada karburator dan pembersihan saringan udara sepeda motor. Pembongkaran pada karburator dengan membersihkan bagian-bagian komponen karburator terutama mangkok yang kotor oleh endapan bensin. Karburator yang kotor dan jarang dibersihkan akan terlihat berwarna kuning kecoklatan yang banyak menempel pada bagian mangkok pelampung akibat endapan bensin yang terlalu lama. Selain dari itu, saringan udara yang kotor dan jarang dibersihkan itu terlihat saat operasional mesin sepeda motor yang agak tersendat karena saluran tersebut tertutup oleh debu dan kotoran yang menempel pada saringan udara.

Permasalahan gangguan yang sering terjadi pada sistem bahan bakar konvensional adalah pada bagian karburator. Mulai dari mesin tidak bisa hidup, mesin susah hidup pada saat di starter atau di kick starter, terjadi ledakan pada karburator, sepeda motor kurang bertenaga, performa mesin kurang pada kecepatan rendah dan tinggi, putaran stasioner tidak rata, gas buang pada knalpot mengeluarkan asap hitam dan lain sebagainya. Semua itu salah satunya berasal dari masalah atau gangguan pada karburator.

Masalah atau gangguan tersebut terjadi karena karburator tidak berfungsi dengan semestinya, dari penyetelan sekrup udara dan bahan bakar yang tidak tepat, karburator yang kotor akibat perawatan yang kurang dan jarang dibersihkan, karburator kebanjiran bensin yang terdapat pada mangkok karburator, dan sebagainya. Dengan demikian, dari permasalahan-permasalahan tersebut sebenarnya bisa diantisipasi dari gejala awal yang ditimbulkannya pada kinerja mesin sepeda motor.

Kemampuan untuk menganalisa dan mendiagnosa lebih awal dari permasalahan gangguan pada sistem bahan bakar sebelum melakukan perbaikan dan penggantian suku cadang sangat penting artinya. Dikarenakan selain dari efisiensi biaya resiko perbaikan mesin yang lebih besar, juga berpengaruh pada performa mesin sepeda motor yang sering mengalami masalah atau rusak akan menurun. Contohnya akibat dinding pada blok silinder dan piston yang sering mengalami lecet, walaupun blok silinder di oversize dan piston diganti, lama kelamaan akan berpengaruh pada batang piston serta poros engkol. Setidaknya dengan melakukan perawatan berkala yang rutin dan teratur, pada sistem bahan bakar salah satunya karburator dapat lebih awet dan bisa bekerja secara optimal.

Related Article

Mekanisme Katup Pada Sistem Utama Mesin Kendaraan Motor

Mekanisme Katup Pada Sistem Utama Mesin Kendaraan Motor

Januari 3, 2022
Klasifikasi Kepala Silinder Serta Fungsi di Mesin Kendaraan

Klasifikasi Kepala Silinder Serta Fungsi di Mesin Kendaraan

Juli 21, 2022
Rekomendasi dan Harga Mesin CNC 3D Printer

Rekomendasi dan Harga Mesin CNC 3D Printer

Maret 25, 2022
Belajar Mengenali Penyebab Gangguan Kepala Silinder Sepeda Motor

Belajar Mengenali Penyebab Gangguan Kepala Silinder Sepeda Motor

Januari 3, 2022
Previous Post

Bagian-Bagian Mesin Bubut dan Perlengkapannya yang Perlu Anda Pahami

Next Post

Mempelajari Dasar-Dasar Pemrograman Mesin Bubut CNC

Latest Posts

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

by Bambang Sumantoro
Maret 21, 2025
0

Blok silinder sepeda motor berfungsi sebagai tempat jalur gerak piston dengan kemampuan menerima tekanan pada peristiwa pembakaran dan pelepasan panas...

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

by Bambang Sumantoro
Februari 4, 2025
0

Komponen-komponen utama dalam mesin dibagi menjadi bagian yang  bergerak dan  yang tidak bergerak. Komponen yang tidak bergerak yaitu kepala silinder,...

Rumus Waktu Pemesinan Bubut CNC (Computer Numerical Control)

Rumus Waktu Pemesinan Mesin Bubut CNC (Computer Numerical Control)

by Bambang Sumantoro
Januari 19, 2025
0

Rumus waktu pemesinan mesin bubut CNC (Computer Numerical Control) merupakan perhitungan dalam membuat benda kerja atau komponen pada mesin bubut...

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

by Operator
Desember 21, 2024
0

Dalam dunia perindustrian yang semakin maju maka untuk bidang konstruksi dan manufaktur saat ini sudah tidak lagi banyak menggunakan tenaga...

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

by Bambang Sumantoro
Agustus 16, 2024
0

Pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini penggunaan Mesin CNC hampir digunakan di segala bidang Industri Usaha. Mulai dari bidang...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

modul sejarah peminatan kelas 11
Kurikulum

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 11 SMA/MA

by Operator
Mei 25, 2022
0

Modul Sejarah Peminatan Kelas 11 ini merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari setiap kompetensi dan pokok bahasan...

modul sejarah peminatan kelas 11

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 11 SMA/MA

by Operator
Mei 25, 2022
0

modul sejarah indonesia kelas 12

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Hukum Internasional : Pengertian, Tujuan Serta Ruang Lingkupnya

Proses Mengambil Ukuran Dalam Menjahit

Prinsip Dasar Pada Sistem Karburator Mesin Motor

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.