• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Otomotif > Identifikasi Gangguan Pada Sistem Pendinginan Cairan

Identifikasi Gangguan Pada Sistem Pendinginan Cairan

Bambang Sumantoro by Bambang Sumantoro
Juni 4, 2022
in Otomotif

Gangguan-gangguan yang terjadi pada sistem pendinginan sepeda motor pasti ada. Gangguan pada sistem pendinginan udara tidak terlalu berpengaruh karena pada sistem pendinginan udara menggunakan sirip-sirip pada bagian kepala silinder dan blok silindernya sehingga tidak melibatkan komponen yang lainnya dalam proses pendinginan mesin. Gangguan yang terjadi biasanya adalah akibat kotoran lapisan oli yang menempel pada bagian sirip-sirip yang akan mengurangi efek pendinginan mesin.

Beda halnya dengan sistem pendinginan udara. Sistem pendinginan cairan karena melibatkan komponen lain yang bekerja secara berkaitan satu sama lain dalam sistem pendinginannya, apabila ada salah satu komponen yang bermasalah akan mengakibatkan gangguan pada komponen yang lainnya yang akhirnya kinerja sistem pendinginan pada sepeda motor akan terganggu dan bermasalah. Masalah-masalah yang terjadi pada sistem pendinginan cairan antara lain:

  1. Terjadi kebocoran cairan pendingin

Kebocoran cairan pendingin sehingga volume cairan pendingin menjadi berkurang atau bahkan habis diakibatkan karena terjadinya kerusakan pada tutup radiator, selang radiator yang rusak atau bocor, adanya kebocoran pada bagian perapat antara kepala silinder dan blok silinder yang diakibatkan oleh gasket yang rusak. Akibat dari hal-hal tersebut akhirnya bisa mengakibatken mesin menjadi cepat panas.

  1. Mesin Mengalami Kelebihan Panas (Overheating)

Permasalahan yang terjadi akibat kelebihan panas pada mesin (Overheating) sehingga air pendingin mendidih dan keluar akibat tekanan panas yang dihasilkan bisa mengakibatkan gangguan kerja mesin, yaitu piston mengalami macet dan kepala silinder mengalami retak. Adanya gangguan tersebut diakibatkan oleh thermostat yang tidak bisa membuka karena rusak, thermostat pada saat membuka mengalami gangguan dan hambatan, bahkan diakibatkan karena kelalaian dan kurang telitian pada saat service dengan pemasangan thermostat di posisi terbalik.

  1. Suhu Mesin Terlalu Rendah

Suhu mesin yang terlalu rendah terjadi akibat kemacetan pada thermostat (membuka terlalu awal) sehingga bisa mengakibatkan keausan di bagian dinding silinder, bahan bakar menjadi lebih boros, alat pengukur suhu atau sensor ECT tidak bekerja dengan baik, dan relay pengontrol kipas tidak bekerja dengan baik.

  1. Suhu Mesin Terlalu Tinggi

Suhu mesin pada sepeda motor terlalu tinggi bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, yaitu :

  1. Alat pengukur suhu atau sensor ECT tidak bekerja dengan baik,
  2. Pompa air tidak bekerja dengan baik,
  3. Thermostat macet tidak membuka,
  4. Relay pengontrol fan tidak bekerja dengan baik
  5. Tutup radiator rusak,
  6. Jumlah coolat tidak mencukupi,
  7. Saluran lintasan tersumbat pada radiator, selang-selang atau water jacket (ruang kosong beri- si air untuk mendinginkan),
  8. Ada udara di dalam system pendingin,
  9. Motor fan pendingin tidak bekerja dengan baik.
  1. Kebocoran Cairan pendingin (coolant)

Permasalahan gangguan dan penyebab yang terjadi akibat dari kebocoran cairan pendingin yaitu:

  1. Mekanik seal pompa air rusak,
  2. O-ring memburuk kondisinya atau sudah rusak,
  3. Tutup gasket rusak,
  4. Gasket pada kepala silinder sudah rusak,
  5. Sambungan atau klem selang longgar,
  6. Selang-selang rusak,
  7. Kerusakan pada radiator.

Biasanya pada sistem pendingin cairan untuk tipe-tipe sepeda motor terkini dilengkapi dengan sistem tanda bila ada masalah sistem pendinginan. Sistem tanda tersebut terletak pada bagian speedometer dengan dilengkapi lampu tanda peringatan yang menyala dan berkedip sesuai dengan kode kerusakan. Pada indicator speedometer akan terlihat jarum suhu akan menunjukkan High (H) atau tinggi artinya, suhu pada mesin sangat tinggi. Sistem tanda lampu peringatan tersebut menunjukkan bahwa mesin kekurangan cairan pendingin atau bahkan yang lebih parahnya adalah kerusakan pada komponen thermostat.

thermostat rusak

Demikianlah beberapa faktor yang menjadi penyebab permasalahan atau gangguan pada sistem pendingin cairan. Dari berbagai permasalahan yang terjadi pada sistem pendingin cairan tersebut ternyata lebih kompleks karena melibatkan banyak komponen yang bekerja bila dibandingkan sistem pendingin udara. Tentunya dari beberapa permasalahan tersebut, pada sistem pendingin cairan memiliki kelebihan dibanding sistem pendingin udara.

Related Article

Langkah Prosedur dan Pembongkaran Mekanisme Katup Pada Mesin Motor

Langkah Prosedur dan Pembongkaran Mekanisme Katup Pada Mesin Motor

Januari 3, 2022
Memahami Fungsi Katup/Klep Serta Tipe Inovasinya Di Sepeda Motor

Memahami Fungsi Katup/Klep Serta Tipe Inovasinya Di Sepeda Motor

Oktober 1, 2022
Apa Itu Rumus G Code dan M Code Mesin CNC ? Berikut Penjelasan dan Daftarnya

Apa Itu Rumus G Code dan M Code Mesin CNC ? Berikut Penjelasan dan Daftarnya

Juni 4, 2022
Belajar Mengenal Motor Listrik : Pengertian dan Beberapa Macamnya

Belajar Mengenal Motor Listrik : Pengertian dan Beberapa Macamnya

September 25, 2022
Previous Post

Sistem Pendinginan Beserta Komponen Pendingin Air Pada Motor

Next Post

Belajar Mengenali Penyebab Gangguan Kepala Silinder Sepeda Motor

Latest Posts

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

by Bambang Sumantoro
Maret 21, 2025
0

Blok silinder sepeda motor berfungsi sebagai tempat jalur gerak piston dengan kemampuan menerima tekanan pada peristiwa pembakaran dan pelepasan panas...

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

by Bambang Sumantoro
Februari 4, 2025
0

Komponen-komponen utama dalam mesin dibagi menjadi bagian yang  bergerak dan  yang tidak bergerak. Komponen yang tidak bergerak yaitu kepala silinder,...

Rumus Waktu Pemesinan Bubut CNC (Computer Numerical Control)

Rumus Waktu Pemesinan Mesin Bubut CNC (Computer Numerical Control)

by Bambang Sumantoro
Januari 19, 2025
0

Rumus waktu pemesinan mesin bubut CNC (Computer Numerical Control) merupakan perhitungan dalam membuat benda kerja atau komponen pada mesin bubut...

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

by Operator
Desember 21, 2024
0

Dalam dunia perindustrian yang semakin maju maka untuk bidang konstruksi dan manufaktur saat ini sudah tidak lagi banyak menggunakan tenaga...

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

by Bambang Sumantoro
Agustus 16, 2024
0

Pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini penggunaan Mesin CNC hampir digunakan di segala bidang Industri Usaha. Mulai dari bidang...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

modul sejarah indonesia kelas 12
Kurikulum

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Modul Sejarah Peminatan Kelas 12 ini merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari setiap kompetensi dan pokok bahasan...

Cara Mencetak Ajuan S39a Tunjangan Insentif GBPNS di Layanan Simpatika

Cara Mencetak Ajuan S39a Tunjangan Insentif GBPNS di Layanan Simpatika

by Operator
April 3, 2023
0

modul sejarah indonesia kelas 12

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

by Ali Irsad
November 2, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Memahami Jenis-Jenis Karburator Dalam Sistem Bahan Bakar Motor

Konsep Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan) Menurut Ahli

Prinsip Dasar Pada Sistem Karburator Mesin Motor

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.