• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Otomotif > Klasifikasi Kepala Silinder Serta Fungsi di Mesin Kendaraan

Klasifikasi Kepala Silinder Serta Fungsi di Mesin Kendaraan

Bambang Sumantoro by Bambang Sumantoro
Juli 21, 2022
in Otomotif

Kepala silinder memiliki peranan yang sangat menentukan dalam sistem operasi sepeda motor. Pada sepeda motor terdapat mekanisme komponen yang bekerja satu sama lain dalam proses pembakaran di ruang bakar. Ruang bakar terletak diantara blok silinder dan kepala silinder. Secara konstruksi fisik dan komponennya kepala silinder sepeda motor terdapat perbedaan pada mesin sepeda motor dua langkah dan empat langkah.

Mesin dua langkah di bagian kepala silindernya terdapat dudukan busi, sedangkan inlet port (saluran masuk), transfer port (saluran bilas), dan exhaust port (saluran pembuangan) terdapat pada bagian blok silinder. Selain itu, untuk mesin empat langkah saluran masuk (katup masuk) dan saluran buang (katup buang) terletak di bagian kepala silinder.

  1. Fungsi Dari Kepala Silinder Sepeda Motor

fungsi kepala silinder sepeda motor
  1. Tempat ruang bakar

Terjadinya proses pembakaran pada sepeda motor merupakan proses percampuran udara dan bahan bakar pada ruang diakhir langkah kompresi. Setelah terjadi pembakaran maka tekanan di dalam ruang bakar akan menjadi naik empat kali tekanan kompresi. Upaya untuk mendapat tekanan kompresi yang lebih tinggi tersebut yaitu dengan cara mengatur agar udara luar dapat masuk ke dalam ruang bakar dengan kecepatan lebih tinggi.

  1. Tempat dudukan busi, mekanisme katup dan dudukan saluran masuk

Terjadinya percikan loncatan bunga api diakhir langkah kompresi pada peristiwa pembakaran tidak terlepas dari peranan busi yang berada di kepala silinder pada mesin empat langkah. Oleh karena itu, mesin empat langkah pada bagian kepala silinder terdapat mekanisme katup, sedangkan untuk mesin dua langkah mekanisme katupnya terdapat pada bagian blok silinder.

  1. Sebagai pendingin pada mesin

Kepala silinder sepeda motor terbuat dari bahan alumunium campuran. Didesain sedemikian rupa supaya tahan pada suhu tinggi, sifatnya ringan dan tahan terhadap korosi (anti karat). Terdapat sirip-sirip di bagian konstruksi luar kepala silinder yang bertujuan untuk membantu melepaskan panas (pendinginan luar). Maka dari itu, untuk tipe sepeda motor model lain pada bagian kepala silindernya pun dilengkapi dengan saluran pendingin cairan (water jacket) untuk membantu melepaskan panas saat mesin beroperasi.

  1. Perbedaan Kepala Silinder mesin 2 langkah dan 4 Langkah

Terdapat perbedaan bagian kepala silinder sepeda motor pada sepeda motor dua langkah dan empat langkah. Perbedaan tersebut bukan hanya dilihat dari cara kerja mesinnya saja, melainkan dapat dilihat pula dari bentuk fisik dan penempatan komponen mekanismenya.

  1. Kepala Silinder motor 2 langkah

Mesin sepeda motor dua langkah pada bagian kepala silindernya berfungsi sebagai tempat ruang bakar, tempat dudukan busi, dan system pendinginan, baik pendinginan udara maupun pendinginan cairan. Untuk itu, mekanisme penempatan katupmya tidak ada karena mekanisme penempatan katup terletak di bagian blok silinder.

  1. Kepala silinder motor 4 langkah

Mesin sepeda motor 4 langkah mekanisme katupnya terdapat pada bagian kepala silinder. Bahkan untuk mekanisme katup sepeda motor empat langkah kepala silindernya sudah mengalami kemajuan. Hal tersebut merupakan dampak dari kemajuan teknologi inovasi penempatan mekanisme katup sehingga membuat mesin sepeda motor empat langkah semakin berkembang.

  1. Klasifikasi Kepala Silinder

Kepala silinder motor empat langkah dan dua langkah memiliki perbedaan. Perpedaan tersebut salah satunya dapat dilihat berdasarkan sistem pendinginan kepala silindernya.

  1. Klasifikasi Menurut Sistem Pendinginan

Sistem pendinginan pada bagian kepala silinder tersebut membantu kerja mesin supaya tidak terjadi kelebihan panas. Bagian kepala silinder sepeda motor untuk tipe mesin dua langkah maupun empat langkah menurut tipe pendinginannya diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu :

  1. Kepala silinder pendingin udara

Kepala silinder berpendingin udara secara konstruksinya lebih sederhana. Udara mengalir melewati mesin dan melakukan pendinginan sewaktu sepeda motor berjalan. Sirip-sirip pendingin pada bagian blok silinder dan kepala silinder sepeda motor berfungsi untuk memperluas bidang pendinginan.

  1. Kepala silinder pendingin cairan
bentuk mekanisme kepala silinder berpendingin cairan

Kepala silinder pendingin cairan untuk sistem pendinginannya lebih baik dari pada pendingin udara. Sekeliling blok silinder dan kepala silinder diberikan rongga-rongga berisi air yang disirkulasikan oleh pompa air (Water Pump). Cairan yang telah menyerap panas mesin dialirkan ke radiator untuk didinginkan melalui kisi-kisi radiator dan aliran udara yang melalui radiator.

  1. Klasifikasi Kepala Silinder Menurut Bentuk Ruang Bakar

Klasifikasi yang dimaksud ruang bakar yaitu ruang yang terbentuk dibagian bawah kepala silinder, bagian atas blok silinder, dan pada saat piston mengalami Titik Mati Atas (TMA) di dalamnya terdapat rongga busi. Konstruksi mesin sepeda motor bentuk ruang bakar akan berpengaruh terhadap performa, daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor.

Pada kepala silinder dua langkah bentuk ruang bakarnya sederhana dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat ruang bakar, dudukan busi, dan tempat bertumpunya bagian blok silinder sepeda motor. Dengan demikian, bentuk ruang bakar pada kepala silinder sepeda motor empat langkah dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu :

  1. Ruang Bakar bentuk Kubah (Dome)

Disebut ruang bakar bentuk kubah (Dome) karena secara bentuk ruang bakarnya menyerupai kubah. Bentuk model ini kelebihannya memiliki efisiensi panas yang baik, sedangkan kelemahannya tekanan bahan bakar pada piston kurang merata. Untuk model ruang bakar bentuk kubah terdiri dari :

  • Ruang bakar tipe Baji (Wedge type Combustion Chamber)

Tipe ini memiliki efisiensi panas yang baik seperti type setengah bulat. Konstruksi mekanisme katup lebih sederhana dibanding tipe setengah bulat. Kelemahannya adalah tekanan pembakaran pada piston kurang merata.

  • Ruang Bakar tipe Pent Roof

Ruang bakar model pent roof terdapat lebih dari dua katup disetiap silindernya dan disebut model Pent Roof karena membentuk sebuah sudut. Bentuk ini menyerupai atap bangunan bila dihubungkan ke titik pusat. Bentuk dan model pent roof memberikan efek semburan yang lebih baik dan lebih cepat terbakar dengan penempatan businya ditengah-tengah ruang bakar.

  1. Ruang Bakar bentuk Kerucut (Cone)

Disebut ruang bakar bentuk kerucut (Cone) karena secara bentuk ruang bakarnya menyerupai kerucut dan berbentuk seperti piramida. Sementara untuk model ruang bakar bentuk kerucut (Cone) pada sepeda motor empat langkah terdiri dari :

  • Ruang bakar tipe Setengah Bulat (Hemispherical Combustion Chamber)

Bentuk ruang bakar dengan model setengah bulat memiliki efisiensi panas yang tinggi dibanding model lain karena permukaannya yang kecil sehingga panas yang terbuang sedikit. Efisiensi pemasukan dan pembuangan lebih sempurna. Namun memiliki konstruksi mekanisme katup yang agak rumit dan kurang cocok untuk mesin putaran rendah.

  • Ruang bakar tipe Bak Mandi (Bathtub type combustion chamber)

Model ini bentuknya paling sederhana dibanding jenis lain. Namun, memiliki kelemahan efisiensi pemasukan dan pembuangan. Kelebihannya adalah cocok untuk mesin putaran tinggi yang proses pembilasannya harus cepat.

Kesimpulan Fungsi, Perbedaan, dan Klasifikasi Kepala Silinder

Kepala silinder merupakan tempat mekanisme katup dan bertumpunya dudukan busi pada motor empat langkah. Sedangkan untuk motor dua langkah, bagian kepala silinder juga merupakan penutup lubang silinder pada bagian blok silinder. Terjadinya proses pembakaran tentunya sangat bergantung pada mekanisme dan kinerja mesin itu sendiri. Dalam hal ini, termasuk peranan kepala silinder sangat menentukan terjadinya proses pembakaran yang sempurna sehingga gerak laju sepeda motor bisa maksimal.

Mesin sepeda motor merupakan mekanisme komponen yang sangat penting sebagai penghasil tenaga kendaraan. Mesin disebut sebagai penggerak utama dikarenakan pada mesin terjadi perubahan dari energi panas diubah menjadi energi mekanis dalam bentuk tenaga putar. Ruang bakar pada mesin terbentuk diantara kepala silinder, piston, dan bagian atas blok silinder. Dengan demikian, terjadilah proses pembakaran antara udara dan bahan bakar sehingga menggerakkan bagian dari poros engkol (crankshaft) menjadi tenaga putar.

Related Article

Komponen Katup/Klep Serta Gangguannya di Mesin Motor

Komponen Katup/Klep Serta Gangguannya di Mesin Motor

Januari 3, 2022
Komponen-Komponen Blok Silinder Pada Sepeda Motor

Komponen-Komponen Blok Silinder Pada Sepeda Motor

Desember 16, 2022
Apa Itu Rumus G Code dan M Code Mesin CNC ? Berikut Penjelasan dan Daftarnya

Apa Itu Rumus G Code dan M Code Mesin CNC ? Berikut Penjelasan dan Daftarnya

Juni 4, 2022
Mengenal Macam-Macam Bahan Teknik (Engineering Material)

Mengenal Macam-Macam Bahan Teknik (Engineering Material)

Januari 3, 2022
Previous Post

Apa Itu Rumus G Code dan M Code Mesin CNC ? Berikut Penjelasan dan Daftarnya

Next Post

Penjelasan Diagnosa Kerusakan Blok Silinder Sepeda Motor

Latest Posts

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

by Bambang Sumantoro
Maret 21, 2025
0

Blok silinder sepeda motor berfungsi sebagai tempat jalur gerak piston dengan kemampuan menerima tekanan pada peristiwa pembakaran dan pelepasan panas...

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

by Bambang Sumantoro
Februari 4, 2025
0

Komponen-komponen utama dalam mesin dibagi menjadi bagian yang  bergerak dan  yang tidak bergerak. Komponen yang tidak bergerak yaitu kepala silinder,...

Rumus Waktu Pemesinan Bubut CNC (Computer Numerical Control)

Rumus Waktu Pemesinan Mesin Bubut CNC (Computer Numerical Control)

by Bambang Sumantoro
Januari 19, 2025
0

Rumus waktu pemesinan mesin bubut CNC (Computer Numerical Control) merupakan perhitungan dalam membuat benda kerja atau komponen pada mesin bubut...

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

by Operator
Desember 21, 2024
0

Dalam dunia perindustrian yang semakin maju maka untuk bidang konstruksi dan manufaktur saat ini sudah tidak lagi banyak menggunakan tenaga...

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

by Bambang Sumantoro
Agustus 16, 2024
0

Pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini penggunaan Mesin CNC hampir digunakan di segala bidang Industri Usaha. Mulai dari bidang...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

modul sejarah indonesia kelas 12
Kurikulum

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Modul Sejarah Peminatan Kelas 12 ini merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari setiap kompetensi dan pokok bahasan...

Cara Mencetak Ajuan S39a Tunjangan Insentif GBPNS di Layanan Simpatika

Cara Mencetak Ajuan S39a Tunjangan Insentif GBPNS di Layanan Simpatika

by Operator
April 3, 2023
0

modul sejarah indonesia kelas 12

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

by Ali Irsad
November 2, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Memahami Jenis-Jenis Karburator Dalam Sistem Bahan Bakar Motor

Konsep Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan) Menurut Ahli

Prinsip Dasar Pada Sistem Karburator Mesin Motor

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.