• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Otomotif > Komponen Katup/Klep Serta Gangguannya di Mesin Motor

Komponen Katup/Klep Serta Gangguannya di Mesin Motor

Bambang Sumantoro by Bambang Sumantoro
Januari 3, 2022
in Otomotif

Terdapat komponen-komponen yang bekerja sama dengan yang lain pada mekanisme katup sepeda motor. Masing-masing komponen tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut.

  1. Poros bubungan (Poros Nok/Cam Shaft)

Poros Bubungan (Camshaft) berfungsi mengatur pembukaan dan penutupan katup masuk dan katup buang. Pada bagian camshaft terdapat Lobe yang merupakan tempat bertumpunya katup. Poros bubungan merupakan proyeksi eksentrik pada poros yang berputar, digunakan untuk mengatur pembukaan dan penutupan katup dengan berbagai perantara mekanik. Karakteristik dari poros bubungan tergantung dari lebar poros bubungan (lama pembukaan katup), tinggi poros bubungan (tinggi angkat katup), dan profil poros bubungan (percepatan pembukaan dan penutupan katup). Tipe sepeda motor sport empat langkah pada bagian kepala silindernya terdapat dua buah poros bubungan, yaitu poros bubungan pemasukan dan poros bubungan pengeluaran. Contohnya pada Yamaha R25 dan pada Honda CBR150R dan CBR250R.

  1. Katup

Katup berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru. Dalam hal ini, udara dan bensin juga untuk mengatur pengeluaran gas buang. Pada sepeda motor model lama untuk katupnya berjumlah dua buah, yaitu terdiri dari satu katup masuk dan satu katup buang. Sementara untuk sepeda motor mode, jumlah katup terdiri dari tiga katup, empat katup, lima katup, dan bahkan delapan katup dengan dua blok silinder.

  1. Pelatuk (Rocker Arm)

Pelatuk berfungsi untuk membuka dan menutup katup. Bagian pelatuk terdapat tempat untuk mengatur celah katup dengan bagian pengunci katup.

  1. Poros Pelatuk

Berfungsi untuk mereduksi gesekan yang terjadi antara pelatuk (Rocker arm) dengan poros bubungan (Camshaft) dan juga untuk memperingan putaran.

  1. Penghantar Katup

Penghantar katup berfungsi untuk menghantarkan batang katup pada kepala silinder dan juga berguna untuk memindahkan panas dari katup ke kepala silinder.

  1. Seal katup (Steam Seal)

Seal katup berfungsi untuk mencegah minyak pelumas mengalir ke saluran masuk atau buang.

  1. Pegas (Spring)

Pegas berfungsi untuk mengatur agar katup rapat dengan dudukan dan sebagai pengembali katup. Terdapat dua buah pegas pada tiap dudukan katup yang terdiri dari pegas katup luar dan pegas katup dalam.

Dari komponen-komponen tersebut yang bekerja sesuai dengan fungsi dan perannya dalam mekanisme katup apabila terjadi permasalahan atau gangguan di salah satu komponen tersebut maka kinerja komponen lain akan terganggu. Maka dari itu, akan mengakibatkan permasalahan gangguan pada kinerja mesin sepeda motor.

Gangguan pada Mekanisme Katup

gangguan pada mekanisme katup

Sistem operasi mesin sepeda motor tidak menutup kemungkinan mengalami permasalahan atau gangguan pada saat pemakaian sepeda motor. Salah satunya gangguan pada mesin dan gejala yang ditimbulkan. Berikut ini merupakan masalah atau gangguan yang terjadi pada mesin sepeda motor bagian kinerja mekanisme katup antara lain .

  1. Penempatan dan setelan katup tidak tepat

Akibat penempatan katup tidak tepat mengakibatkan suara mesin menjadi kasar dan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Tenaga mesin kurang optimal dan berpengaruh terhadap emisi gas buang atau knalpot mengeluarkan asap. Setelan katup berfungsi agar celah antara batang katup dan pelatuk berada pada kondisi standar pabrik. Celah katup tersebut akan mengantisipasi terjadinya pemuaian pada katup. Akibat dari setelan katup yang terlalu renggang dapat menimbulkan bunyi berisik pada pengerak katup dan batang katup bisa patah karena mendapat pukulan yang tiba-tiba serta mengakibatkan sudut pembukaan katup menjadi lebih singkat.

Akibat dari setelan katup yang terlalu sempit menyebabkan waktu pembukaan katup lebih lama dari semestinya. Overlapping menjadi lebih besar sehingga kerugian gas baru, ketika putaran idle, mesin bisa bergetar, katup tidak menutup secara sempurna, dan katup bisa terbakar karena tidak ada pemindahan panas pada pegas.

  1. Terjadi Overheat dan detonasi (Knocking)

Terjadinya overheat atau mesin panas yang berlebih dan adanya knocking akibat terdapat banyaknya endapan kerak karbon pada ruang bakar di bagian katup dan kepala piston. Hal tersebut terjadi akibat pembakaran yang tidak sempurna dan campuran terlalu kaya, sehingga mengakibatkan munculnya panas yang berlebih pada mesin dan mesin mengeluarkan suara. Dengan begitu, permasalahan tersebut bisa perbaikan dengan melakukan proses pembersihan pada bagian kepala silinder, skir katup, dan penyetelan ulang campuran sistem bahan bakar.

  1. Timbul asap pada knalpot berwarna putih dan oli cepat habis

Hal tersebut disebabkan karena perapat batang katup yang sudah aus maupun valve guide yang harus segera diganti.

  1. Terdengar suara berisik berlebihan pada mesin

Jika suara terdengar di bagian kepala silinder maka hal tersebut disebabkan oleh penyetelan renggang katup yang tidak tepat, menyebabkan katup macet atau pegas katup putus. Terjadinya kerusakan menimbulkan ausnya noken as, rantai mesin longgar atau aus, penegang rantai mesin yang sudah mengalami aus atau rusak, gigi-gigi sprocket poros bubungan yang aus, atau bahkan penegang rantai mesin tidak berfungsi dengan baik. Apabila suara terdengar pada bagian blok silinder terjadi karena blok silinder aus. Dengan demikian, gejala yang ditimbulkan oleh blok silinder aus disebabkan oleh bagian piston dan cincin piston yang sudah aus dan mengalami kerusakan.

  1. Mesin sulit di start

Diakibatkan oleh pegas katup yang lemah sehingga terjadi kebocoran kompresi.

  1. Tekanan kompresi tinggi, mesin terlalu panas atau terdengar suara menggelitik

Hal tersebut diakibatkan oleh kerak karbon yang menumpuk pada bagian ruang bakar, bagian kepala piston dan kepala katup.

  1. Tekanan kompresi terlalu lemah, mesin sulit di hidupkan, atau rendahnya performance mesin pada kecepatan rendah

Jika terjadi pada bagian katup hal tersebut diakibatkan karena setelan kerenggangan katup terlalu rapat atau tidak tepat, tertib buka katup tidak tepat, terjadinya kebocoran kepala katup, seal tangkai katup aus atau rusak, bos katup aus atau rusak, kekuatan pegas katup terlalu lemah atau pegas katup putus. Sedangkan jika terjadi pada bagian kepala silinder disebabkan karena gasket atau packing kepala silinder bocor atau rusak, piston dan cincin piston yang aus atau cacat, dan kepala silinder bengkok atau ada keretakan.

Related Article

Identifikasi Gangguan Pada Sistem Pendinginan Cairan

Identifikasi Gangguan Pada Sistem Pendinginan Cairan

Juni 4, 2022
Penjelasan Diagnosa Kerusakan Blok Silinder Sepeda Motor

Penjelasan Diagnosa Kerusakan Blok Silinder Sepeda Motor

Agustus 2, 2022
Rumus Waktu Pemesinan Bubut CNC (Computer Numerical Control)

Rumus Waktu Pemesinan Mesin Bubut CNC (Computer Numerical Control)

Januari 19, 2025
Memahami Jenis-Jenis Karburator Dalam Sistem Bahan Bakar Motor

Memahami Jenis-Jenis Karburator Dalam Sistem Bahan Bakar Motor

Agustus 11, 2023
Previous Post

Belajar Mengenali Penyebab Gangguan Kepala Silinder Sepeda Motor

Next Post

Langkah Prosedur dan Pembongkaran Mekanisme Katup Pada Mesin Motor

Latest Posts

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

by Bambang Sumantoro
Maret 21, 2025
0

Blok silinder sepeda motor berfungsi sebagai tempat jalur gerak piston dengan kemampuan menerima tekanan pada peristiwa pembakaran dan pelepasan panas...

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

by Bambang Sumantoro
Februari 4, 2025
0

Komponen-komponen utama dalam mesin dibagi menjadi bagian yang  bergerak dan  yang tidak bergerak. Komponen yang tidak bergerak yaitu kepala silinder,...

Rumus Waktu Pemesinan Bubut CNC (Computer Numerical Control)

Rumus Waktu Pemesinan Mesin Bubut CNC (Computer Numerical Control)

by Bambang Sumantoro
Januari 19, 2025
0

Rumus waktu pemesinan mesin bubut CNC (Computer Numerical Control) merupakan perhitungan dalam membuat benda kerja atau komponen pada mesin bubut...

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

by Operator
Desember 21, 2024
0

Dalam dunia perindustrian yang semakin maju maka untuk bidang konstruksi dan manufaktur saat ini sudah tidak lagi banyak menggunakan tenaga...

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

by Bambang Sumantoro
Agustus 16, 2024
0

Pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini penggunaan Mesin CNC hampir digunakan di segala bidang Industri Usaha. Mulai dari bidang...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

modul sejarah indonesia kelas 12
Kurikulum

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Modul Sejarah Peminatan Kelas 12 ini merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari setiap kompetensi dan pokok bahasan...

Cara Mencetak Ajuan S39a Tunjangan Insentif GBPNS di Layanan Simpatika

Cara Mencetak Ajuan S39a Tunjangan Insentif GBPNS di Layanan Simpatika

by Operator
April 3, 2023
0

modul sejarah indonesia kelas 12

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

by Ali Irsad
November 2, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Memahami Jenis-Jenis Karburator Dalam Sistem Bahan Bakar Motor

Konsep Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan) Menurut Ahli

Prinsip Dasar Pada Sistem Karburator Mesin Motor

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.