Sama halnya dengan manusia, sebuah produk pun memiliki masa hidupnya atau tahapan hidupnya dalam sebuah bisnis. Tahapan itu dikenal dengan istilah Product Life Cycle (daur hidup produk), tahapn ini dimulai dari produk itu lahir, tumbuh (dikenal pasar), dewasa dan akhirnya mengalami penurunan lalu mati. Siklus hidup produk memberi gambaran untuk seorang wirausahawan dalam mengambil keputusan apakah produk yang dibuat atau ditawarkan akan dilanjutkan atau tidak, kapan harus berinovasi dalam megembangkan produk baru dan memperkenalkannya.
Mati dan hidupnya sebuah produk dalam sebuah bisnis tergantung dari kejelian dan kemampuan sorang wirausaha dalam melihat kebutuhan dan keinginan pasar. Pada umumnya, tahapan siklus hidup sebuah produk dapat diuraikan sebagai berikut.
-
Tahap Pengenalan Siklus Hidup Produk
Tahap ini adalah tahap pertama yang terjadi segera setelah produk diproduksi dan siap untuk dijual. Selama tahap ini, keuntungan yang diperoleh rendah atau bahkan tidak ada karena seorang wirausaha perlu mengeluarkan uang mempromosikan dan memperkenalkan produk yang dibuat atau ditawarkan. Hal tersebut menyebabkan biaya pemasaran menjadi lebih besar daripada keuntungan yang diperoleh. Selain itu, wirusahawan juga mungkin harus mengeluarkan biaya untuk mempublikasikan produk ke distributor dan pengecer.
-
Tahap Pertumbuhan Siklus Hidup Produk
Jika tahap pengenalan produk pada siklus hidup produk berhasil, produk akan pindah ke tahap pertumbuhan. Pada titik ini, produk sudah disimpan oleh pengecer dan konsumen sudah mulai membelinya. Selama tahap pertumbuhan, terdapat peningkatan keuntungan yang diperoleh wirausahawan, karena adanya peningkatan penjualan produk dan biaya produksi serta biaya promosi produk per unit yang terjual. Tantangan bagi wirusahawan pada tahap ini adalah bagaimana mempertahankan produk dalam tahap pertumbuhan selama mungkin dan ini dapat melibatkan rencana untuk melakukan peningkatan produk baik jumlah ataupun kualitasnya atau memeprsiapkan produk untuk memasuki pasar baru.
-
Tahap Kematangan Siklus Hidup Produk
Pertumbuhan penjualan produk yang cepat tidak akan berlangsung selamanya, sehingga suklis hidup produk akan pindah ke tahap ketiga yaitu tahap kematangan. Pada tahap kematangan siklus hidup produk, penjualan melambat karena penjualan produk telah mencapai puncaknya. Pada tahap ini seorang wirausaha harus mulai membuat strategi pemasaran untuk mencoba dan meningkatkan penjualan seperti pengurangan harga dan pengurangan biaya promosi tambahan. Dalam proses ini, memerlukan biaya yang cukup mahal, sehingga cenderung menurunkan laba yang didapatkan, karena untuk menutupi biaya promosi pada saat memasuki pasar baru.
-
Tahap Penurunan Siklus Hidup Produk
Tahap penurunan adalah tahap akhir dari siklus hidup produk. Pada tahap ini, terjadi penurunan penjualan dan keuntungan. Selama tahap penurunan, seorang wirausaha harus mulai membuat perencanaan dalam pengembangan produk dan mencoba strategi pemsaran yang lebih efektif serta efesien dalam meningkatkan penjualan.
Banyak produk akan melewati setiap tahap siklus hidup produk, kecuali untuk produk mode atau gaya seperti produk pakaian, kerudung dan sebagainya yang akan memiliki kurva siklus hidup produk berbeda. Pada tiga kategori produk ini, yaitu fashion, gaya, dan mode memiliki masa pakai yang sangat singkat atau tetap dalam tahap kematangan dan tidak berlanjut ke tahap penurunan. Alasannya adalah sebagai berikut.
- Pada kategori produk gaya seperti gaya layar sentuh pada ponsel akan bertahan hingga gaya teknologi baru muncul. Jadi bentuk siklus hidup produk gaya seperti gelombang, ketika satu gaya memudar, yang lain muncul.
- Pada kategori fashion memiliki siklus hidup produk yang panjang atau pendek. Tren pakaian tertentu bertahan untuk waktu yang singkat dan siklus hidup produk akan menurun sangat cepat, sementara yang lain akan menurun perlahan atau bahkan berubah menjadi apa yang dikenal sebagai siklus hidup produk klasik abadi.
- Kategori produk mode adalah produk yang ada untuk waktu yang singkat dan dihasilkan oleh hype atau saat ini sering disebut yang sedang viral atau in. Untuk produk kategori ini, tahap penjualan akan sangat cepat mencapai puncak namun sangat singkat. Namun, terkadang produk mode dapat mengikuti siklus hidup produk standar tetapi mengalami tahap penjualan yang luar biasa tinggi jika dibandingkan dengan produk lainnya.