• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Prakarya dan Kewirausahaan > 6 Langkah Dalam Pengembangan Usaha

6 Langkah Dalam Pengembangan Usaha

Fatkul Mansyah by Fatkul Mansyah
Januari 6, 2022
in Prakarya dan Kewirausahaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pengembangan memiliki arti proses, cara, perbuatan mengembangkan. Pengembangan suatu usaha adalah tanggung jawab dari setiap pengusaha atau wirausaha yang ingin memperluas cakupan usahanya dan mendapatkan pemasukan tambahan sehingga usahanya dapat berkembang lebih besar lagi. Dalam pengembangan usaha seorang wirausaha membutuhkan keberanian, motivasi, dan kreativitas serta inovasi dari produk barang atau jasa yang ditawarkan. Namun yang tidak kalah penting adalah seorang wirausaha harus tahu betul ke mana arah usaha atau bisnis yang dijalankannya akan dibawa, sehingga wirausaha dapatmengidentifikasi hal-hal yang perlu untuk ditingkatkan berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan.

Langkah-langkah Pengembangan Usaha

langkah pengembangan usahafreepik image

Dalam mengembangkan usaha, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Penentuan segmentasi pasar.

Kejelian dan kepekaan seorang wirausaha sangat diperlukan dalam menentukan segmentasi pasar. Penentuan segementasi pasar sangatlah penting karena sangat erat kaitannya dengan aspek perdagangan dan promosi yang akan dilakukan untuk mengembangkan usaha. Jika salah membidik segmentasi pasar, maka produk barang atau jasa yang kita tawarkan tidak dapat diterima, bahkan tidak diperlukan sama sekali oleh masyarakat. Oleh karena itu, evaluasi dalam hal penentuan segementasi pasar sangat diperlukan dalam pengembangan usaha.

  1. Menjalin komunikasi dengan berbagai pihak.

Maksudnya, adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang hal-hal yang dapat mendukung kemajuan usaha dari berbagai pihak, Selain itu dengan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak dapat memberikan informasi dan gambaran mengenai pesaing-pesaing yang ada di sekitar kita. Sehingga kita dapat meminimalisir ancaman dengan meningkatkan kekuatan atau keunggulan produk barang atau jasa yang kita tawarkan dan juga dapat memperluas daerah perdagangan. Misalkan, seorang wirausaha les bimbingan belajar, dapat mencari informasi mengenai pesaing melalui konsumen yang pernah merasakan pelayanan dari pesaing atau seorang wirausaha makanan beku dapat membeli produk dari pesaing untuk mengetahui cara pengemasan produk untuk dijual secara online kemudian melakukan konsep ATM (amati, tiru dan modifikasi).

  1. Berani berinvestasi.

Berinvestasi dalam hal ini adalah, berani untuk menjual aset atau meminjam pada bank untuk pengembangan usaha jika modal yang dimiliki masih minim. Namun yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah harus adanya komitmen untuk melunasinya.

  1. Fokus terhadap usaha yang dijalankan.

Kelemahan dari para wirausaha saat ini adalah kurang fokus dalam usahanya, sehingga ia tidak dapat mengelola kesuksesan yang telah diraih. Misalkan, seorang wirausaha yang telah sukses dalam usaha makanan tergiur untuk berbisnis properti, sehingga usaha makanannya terbengkalai, sedangkan usaha propertinya tidak berkembang dengan baik. Hal tersebut dapat menyebabkan kedua usaha yang ditekuninya tidak berkembang bahkan gulung tikar.

  1. Penentuan cara promosi

Promosi, adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan usaha, dengan promosi kita dapat menyampaikan keunggulan dari produk usaha yang kita jalankan. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus mampu memilih cara promosi yang efektif dan efisien, sehingga keunggulan produk usahanya dapat benar-benar tersampaikan pada konsumen. Dengan begitu konsumen akan tertarik membeli atau menggunakan produk barang atau jasa yang ditawarkan.

  1. Menentukan strategi perdagangan

Perdagangan yang dimaksud adalah penyaluran produk barang atau jasa yang ditawarkan dan cara perdagangan produknya. Pemilihan cara penyaluran produk sangat penting, agar mengurangi beban pengeluaran biaya usaha. Selain itu, dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di mana penyaluran barang atau jasa dapat dilakukan dengan bantuan jasa pengiriman seperti, JNE, J & T, Go Send, dan jasa pengiriman lainnya. Cara perdagangan produk barang atau jasa pun dapat dilakukan secara online maupun ofline. Penentuan cara perdagangan ini juga perlu pertimbangan yang matang, karena cara perdagangan secara online dan ofline memiliki tantangan masing-masing.

Related Article

Business Model Canvas (BMC), Sebuah Strategi Manajemen Untuk Bisnis Startup

Business Model Canvas (BMC), Sebuah Strategi Manajemen Untuk Bisnis Startup

Desember 26, 2022
Pengertian Produksi Massal Serta Karakteristiknya

Pengertian Produksi Massal Serta Karakteristiknya

Januari 6, 2022
Membangun Mimpi dan Impian Sebagai Karakter Wirausaha Sukses

Membangun Mimpi dan Impian Sebagai Karakter Wirausaha Sukses

Februari 18, 2023
Pengertian Biaya Produksi Serta Faktornya Dalam Berwirausaha

Pengertian Biaya Produksi Serta Faktornya Dalam Berwirausaha

Juni 3, 2023
Previous Post

Peluang Usaha : Pengertian, Identifikasi Hingga Analisis SWOT

Next Post

Desain Produk : Pengertian, dan Tujuannya Dalam Memulai Wirausaha

Latest Posts

Tahapan Proses Produksi Massal Serta Faktor yang Mempengaruhinya

Tahapan Proses Produksi Massal Serta Faktor yang Mempengaruhinya

by Fatkul Mansyah
Mei 4, 2025
0

Proses produksi massal dilakukan secara kontinuitas atau terus menerus dimana bahan yang diolah harus melalui beberapa tahapan pengerjaan secara berkesinambungan,...

Langkah-langkah Menghindari Pelanggaran Kekayaan Intelektual

Langkah-langkah Menghindari Pelanggaran Kekayaan Intelektual

by Fatkul Mansyah
April 15, 2025
0

Seorang wirausaha yang baru memulai suatu usaha, pastinya tidak mau berbeturan dengan hukum. Namun jika kita memiliki pemahaman yang kurang...

Tahapan Siklus Sebuah Produk (Product Life Cycle) Pada Bidang Wirausaha

Tahapan Siklus Sebuah Produk (Product Life Cycle) Pada Bidang Wirausaha

by Fatkul Mansyah
Februari 13, 2025
0

Sama halnya dengan manusia, sebuah produk pun memiliki masa hidupnya atau tahapan hidupnya dalam sebuah bisnis. Tahapan itu dikenal dengan...

Peluang Usaha pada Bisnis Online (E-commerce) Di Era Digital

Peluang Usaha pada Bisnis Online (E-commerce) Di Era Digital

by Fatkul Mansyah
November 19, 2024
0

Perkembangan di berbagai bidang terutama pada teknologi jaringan komputer atau internet membuat peluang usaha di bidang bisnis online semakin berkembang...

Perkembangan Produk Grafika Hingga Sekarang Ini

Perkembangan Produk Grafika Hingga Sekarang Ini

by Fatkul Mansyah
November 10, 2024
0

Grafika atau dalam bahasa Inggrisnya graphics adalah presentasi visual pada suatu permukaan yang bertujuan untuk memberikan informasi atau keindahan. Jadi,...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya
Ekonomi

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

by Aida
Januari 4, 2022
0

Dalam konteks kaitannya dengan penyediaan barang publik oleh pemerintah, maka yang menjadi tujuan akhir adalah meningkatkan kondisi pareto...

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

by Aida
Januari 4, 2022
0

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

modul sejarah peminatan kelas 11

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 11 SMA/MA

by Operator
Mei 25, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Sejarah Perkembangan Islam Periode Modern

Sejarah Perjalanan Hijrah Rasulullah SAW Ke Kota Madinah

Konsep Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan) Menurut Ahli

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.