• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Prakarya dan Kewirausahaan > Tahapan Siklus Sebuah Produk (Product Life Cycle) Pada Bidang Wirausaha

Tahapan Siklus Sebuah Produk (Product Life Cycle) Pada Bidang Wirausaha

Fatkul Mansyah by Fatkul Mansyah
Februari 13, 2025
in Prakarya dan Kewirausahaan

Sama halnya dengan manusia, sebuah produk pun memiliki masa hidupnya atau tahapan hidupnya dalam sebuah bisnis. Tahapan itu dikenal dengan istilah Product Life Cycle (daur hidup produk), tahapn ini dimulai dari produk itu lahir, tumbuh (dikenal pasar), dewasa dan akhirnya mengalami penurunan lalu mati. Siklus hidup produk memberi gambaran untuk seorang wirausahawan dalam mengambil keputusan apakah produk yang dibuat atau ditawarkan akan dilanjutkan atau tidak, kapan harus berinovasi dalam megembangkan produk baru dan memperkenalkannya.

siklus sebuah produk wirausaha

Mati dan hidupnya sebuah produk dalam sebuah bisnis tergantung dari kejelian dan kemampuan sorang wirausaha dalam melihat kebutuhan dan keinginan pasar. Pada umumnya, tahapan siklus hidup sebuah produk dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. Tahap Pengenalan Siklus Hidup Produk

Tahap ini adalah tahap pertama yang terjadi segera setelah produk diproduksi dan siap untuk dijual. Selama tahap ini, keuntungan yang diperoleh rendah atau bahkan tidak ada karena seorang wirausaha perlu mengeluarkan uang mempromosikan dan memperkenalkan produk yang dibuat atau ditawarkan. Hal tersebut menyebabkan biaya pemasaran menjadi lebih besar daripada keuntungan yang diperoleh. Selain itu, wirusahawan juga mungkin harus mengeluarkan biaya untuk mempublikasikan produk ke distributor dan pengecer.

  1. Tahap Pertumbuhan Siklus Hidup Produk

Jika tahap pengenalan produk pada siklus hidup produk berhasil, produk akan pindah ke tahap pertumbuhan. Pada titik ini, produk sudah disimpan oleh pengecer dan konsumen sudah mulai membelinya. Selama tahap pertumbuhan, terdapat peningkatan keuntungan yang diperoleh wirausahawan, karena adanya peningkatan penjualan produk dan biaya produksi serta biaya promosi produk per unit yang terjual. Tantangan bagi wirusahawan pada tahap ini adalah bagaimana mempertahankan produk dalam tahap pertumbuhan selama mungkin dan ini dapat melibatkan rencana untuk melakukan peningkatan produk baik jumlah ataupun kualitasnya atau memeprsiapkan produk untuk memasuki pasar baru.

  1. Tahap Kematangan Siklus Hidup Produk

Pertumbuhan penjualan produk yang cepat tidak akan berlangsung selamanya, sehingga suklis hidup produk akan pindah ke tahap ketiga yaitu tahap kematangan. Pada tahap kematangan siklus hidup produk, penjualan melambat karena penjualan produk telah mencapai puncaknya. Pada tahap ini seorang wirausaha harus mulai membuat strategi pemasaran untuk mencoba dan meningkatkan penjualan seperti pengurangan harga dan pengurangan biaya promosi tambahan. Dalam proses ini, memerlukan biaya yang cukup mahal, sehingga cenderung menurunkan laba yang didapatkan, karena untuk menutupi biaya promosi pada saat memasuki pasar baru.

  1. Tahap Penurunan Siklus Hidup Produk

Tahap penurunan adalah tahap akhir dari siklus hidup produk. Pada tahap ini, terjadi penurunan penjualan dan keuntungan. Selama tahap penurunan, seorang wirausaha harus mulai membuat perencanaan dalam pengembangan produk dan mencoba strategi pemsaran yang lebih efektif serta efesien dalam meningkatkan penjualan.

Banyak produk akan melewati setiap tahap siklus hidup produk, kecuali untuk produk mode atau gaya seperti produk pakaian, kerudung dan sebagainya yang akan memiliki kurva siklus hidup produk berbeda. Pada tiga kategori produk ini, yaitu fashion, gaya, dan mode memiliki masa pakai yang sangat singkat atau tetap dalam tahap kematangan dan tidak berlanjut ke tahap penurunan. Alasannya adalah sebagai berikut.

  1. Pada kategori produk gaya seperti gaya layar sentuh pada ponsel akan bertahan hingga gaya teknologi baru muncul. Jadi bentuk siklus hidup produk gaya seperti gelombang, ketika satu gaya memudar, yang lain muncul.
  2. Pada kategori fashion memiliki siklus hidup produk yang panjang atau pendek. Tren pakaian tertentu bertahan untuk waktu yang singkat dan siklus hidup produk akan menurun sangat cepat, sementara yang lain akan menurun perlahan atau bahkan berubah menjadi apa yang dikenal sebagai siklus hidup produk klasik abadi.
  3. Kategori produk mode adalah produk yang ada untuk waktu yang singkat dan dihasilkan oleh hype atau saat ini sering disebut yang sedang viral atau in. Untuk produk kategori ini, tahap penjualan akan sangat cepat mencapai puncak namun sangat singkat. Namun, terkadang produk mode dapat mengikuti siklus hidup produk standar tetapi mengalami tahap penjualan yang luar biasa tinggi jika dibandingkan dengan produk lainnya.

Related Article

Pengembangan Produk dan Inovasi Dalam Kesuksesan Wirausaha

Pengembangan Produk dan Inovasi Dalam Kesuksesan Wirausaha

Januari 6, 2022
Hubungan Faktor Keberhasilan Produksi Massal dengan Kesuksesan Usaha

Hubungan Faktor Keberhasilan Produksi Massal dengan Kesuksesan Usaha

Januari 6, 2022
Cara Menentukan Peluang Dalam Berwirausaha

Cara Menentukan Peluang Dalam Berwirausaha

Maret 7, 2022
Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Januari 13, 2022
Previous Post

Peluang Usaha pada Bisnis Online (E-commerce) Di Era Digital

Next Post

Langkah-langkah Menghindari Pelanggaran Kekayaan Intelektual

Latest Posts

Kerajinan Dari Bahan Limbah Keras Di Indonesia

Kerajinan Dari Bahan Limbah Keras Prakarya Dan Kewirausahaan

by Fatkul Mansyah
Juli 7, 2025
0

Bahan limbah merupakan bahan yang sangat potensial untuk dijadikan bahan pembuatan kerajinan. Di tangan-tangan kreatif, limbah keras organik dan anorganik...

Konsep Produksi Serta Faktornya Dalam Berwirausaha

Konsep Produksi Serta Faktornya Dalam Berwirausaha

by Fatkul Mansyah
Juli 4, 2025
0

Dahulu kebutuhan manusia masih terbatas dan sederhana, sehingga proses produksi pun masih dilakukan sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seiring berjalannya...

Tahapan Proses Produksi Massal Serta Faktor yang Mempengaruhinya

Tahapan Proses Produksi Massal Serta Faktor yang Mempengaruhinya

by Fatkul Mansyah
Mei 4, 2025
0

Proses produksi massal dilakukan secara kontinuitas atau terus menerus dimana bahan yang diolah harus melalui beberapa tahapan pengerjaan secara berkesinambungan,...

Langkah-langkah Menghindari Pelanggaran Kekayaan Intelektual

Langkah-langkah Menghindari Pelanggaran Kekayaan Intelektual

by Fatkul Mansyah
April 15, 2025
0

Seorang wirausaha yang baru memulai suatu usaha, pastinya tidak mau berbeturan dengan hukum. Namun jika kita memiliki pemahaman yang kurang...

Peluang Usaha pada Bisnis Online (E-commerce) Di Era Digital

Peluang Usaha pada Bisnis Online (E-commerce) Di Era Digital

by Fatkul Mansyah
November 19, 2024
0

Perkembangan di berbagai bidang terutama pada teknologi jaringan komputer atau internet membuat peluang usaha di bidang bisnis online semakin berkembang...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

Proses Pembuatan Pola Dalam Teknik Menjahit
Menjahit

Proses Pembuatan Pola Dalam Teknik Menjahit

by H. Ali Masykur
Agustus 29, 2023
0

Bila di bab sebelumnya telah dibahas apa saja peralatan yang diperlukan untuk membuat pola, pada bab ini akan...

modul fisika untuk sma dan ma

Modul Fisika Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Bagi Guru dan Siswa

by Operator
Januari 7, 2022
0

modul pembelajaran bahasa inggris pdf

Modul Bahasa Inggris Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Bagi Guru dan Siswa

by Operator
Juli 9, 2023
0

Klasifikasi Media Pembelajaran Serta Kriteria Pemilihannya

Klasifikasi Media Pembelajaran Serta Kriteria Pemilihannya

by Operator
Juli 6, 2023
0

No Result
View All Result

Kategori

Nilai-Nilai Dasar Bela Negara Kesatuan Republik Indonesia

Konsep Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan) Menurut Ahli

Variasi Teknik Menggiring/Dribbling Permainan Sepak Bola

Kinerja Sistem Kopling Manual dan Kopling Otomatis Pada Motor

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.