• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Sejarah > MENCIUS DAN XUN ZI : DUA PERCABANGAN KONFUSIANISME (Bagian.1)

MENCIUS DAN XUN ZI : DUA PERCABANGAN KONFUSIANISME (Bagian.1)

Yulianto Wahyu Saputra by Yulianto Wahyu Saputra
Januari 5, 2022
in Sejarah

MENCIUS 孟子 DAN XUN ZI 荀子: DUA PERCABANGAN KONFUSIANISME

ConfuciusMenciusandXunzi

 

PENGANTAR

KONTEKS SEJARAH

Ajaran Konfusius dikembangkan oleh para muridnya. Tidak lama sesudah ia wafat, para muridnya yang berjumlah 70 orang tersebar dan berkeliling menuju kepada para raja / bangsawan. Para murid yang beruntung dapat menempati posisi guru dan menteri. Namun, bagi yang kurang beruntung hanya menjadi guru atau teman dari para pegawai kerajaan saja. Masa Zhanguo (戰國時代) atau perang antarnegara merupakan kondisi yang tidak menyenangkan bagi Konfusianisme, sebab di mana-mana terjadi perang dan ajaran Konfusianisme merosot.

Sesudah Konfusius meninggal, dunia pendidikan Cina didominasi oleh aliran Mo Zi (墨子), ± 480-392 SM. Pada awalnya, ia memasuki sekolah Ru, namun kemudian memisahkan diri dan mulai menyerang ajaran Konfusianisme. Konfusius mengapresiasi adanya peradaban kuno seperti institusi, ritual, musik, dan kepustakaan tradisional yang berasal dari Dinasti Chou awal. Ia juga memberi tempat pada rasionalisasi dan justifikasi pada segala hal yang berhubungan dengan etika. Sementara, Mo Zi mempertanyakan keabsahan dan kegunaannya dan mau menggantinya dengan yang lebih berguna. Tujuan utama dari Mo Zi adalah menentang institusi dan praktik tradisional yang berasal dari Konfusius dan para penganut Konfusianisme.

Meski demikian, masih ada tempat bagi Konfusianisme di negara Ch’i dan Lu. Pada masa pemerintahan Raja Wei (357-320) dan Hsüan (319-301) hiduplah dua tokoh Konfusianisme, yakni Mencius dan Xun Zi. Jeeloo Liu menyebut mereka sebagai filsuf kedua dan ketiga yang terpenting dalam tradisi Konfusianisme.

Dalam ajaran Konfusius, dikenal adanya ajaran inti yaitu Ren. Rén (仁), adalah gagasan sentral dari Konfusianisme yang merupakan kelanjutan yang lebih jernih dari gagasan yang hidup sebelum jaman Konfusius. Ren (humanity, humaneness, rasa kemanusiaan) bukanlah suatu prinsip moral yang memberikan petunjuk dalam hidup, bukan pula suatu tindakan, namun lebih merupakan suatu kualitas adanya manusia (the ideal state of being). Konfusius memberikan ajaran namun tidak memberikan argumen mengapa manusia harus Ren? Konfusius juga memberikan pertanyaan besar mengenai bagaimana orang mesti gigih dalam kebijaksanaan? Adalah ”tugas” dari kedua filsuf di atas untuk menggali pertanyaan mendasar di atas.

Related Article

MENCIUS DAN XUN ZI : DUA PERCABANGAN KONFUSIANISME (Bagian.2)

MENCIUS DAN XUN ZI : DUA PERCABANGAN KONFUSIANISME (Bagian.2)

Januari 5, 2022
Kerajaan-Kerajaan Pada Masa Hindu-Buddha di Indonesia

Kerajaan-Kerajaan Pada Masa Hindu-Budha di Indonesia

Maret 28, 2025
LPI dan LASWI, Para Pejuang Perempuan Masa Kemerdakaan Indonesia

LPI dan LASWI, Para Pejuang Perempuan Masa Kemerdakaan Indonesia

Oktober 1, 2024
Eksotisme Jawa, Ragam Kehidupan dan Kebudayaan Masyarakat Jawa (Bagian.1)

Eksotisme Jawa, Ragam Kehidupan dan Kebudayaan Masyarakat Jawa (Bagian.1)

Januari 24, 2023
Previous Post

Proses Masuknya Kebudayaan Hindu-Budha di indonesia

Next Post

MENCIUS DAN XUN ZI : DUA PERCABANGAN KONFUSIANISME (Bagian.2)

Latest Posts

Pluralisme di Indonesia, Perbedaan Menjadikan Kita Tetap Satu Negara

Pluralisme di Indonesia, Perbedaan Menjadikan Kita Tetap Satu Negara

by Yulianto Wahyu Saputra
Juni 25, 2025
0

Pluralisme di Indonesia Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan berbagai provinsi sudah tentu akan melahirkan keanekaragaman dalam berbagai aspek....

MENCIUS DAN XUN ZI : KONFUSIANISME NEGARA BERLANDASKAN KEMANUSIAAN (SELESAI)

MENCIUS DAN XUN ZI : KONFUSIANISME NEGARA BERLANDASKAN KEMANUSIAAN (SELESAI)

by Yulianto Wahyu Saputra
April 18, 2025
0

Xun Zi (289-238 SM) Pribadi dan Latar Belakang Xun Zi dikenal pula dengan nama Xúnqĭng atau Xúnkuáng. Ia adalah warga...

Kerajaan-Kerajaan Pada Masa Hindu-Buddha di Indonesia

Kerajaan-Kerajaan Pada Masa Hindu-Budha di Indonesia

by Yulianto Wahyu Saputra
Maret 28, 2025
0

Kerajaan Hindu-Budha merupakan masa dimana Indonesia (dahulu Nusantara) memasuki era menjadi pemeluk agama Hindu-Budha, bukan hanya masyarakatnya namun bentuk tata...

Pemikiran Gus Dur tentang Pluralisme Agama di Indonesia (Bagian.1)

Pemikiran Gus Dur tentang Pluralisme Agama di Indonesia (Bagian.1)

by Yulianto Wahyu Saputra
Januari 12, 2025
0

Pemikiran Gus Dur tentang Pluralisme Agama di Indonesia Agama adalah sarana manusia untuk dekat dengan Tuhan-Nya, Agama adalah sarana manusia...

Ruang Lingkup Sejarah

Ruang Lingkup Sejarah – SEJARAH INDONESIA KELAS 10 IIS

by Yulianto Wahyu Saputra
Desember 30, 2024
0

Ruang lingkup sejarah adalah segala aspek yang berada pada disiplin ilmu sejarah itu sendiri. Ruang lingkup sejarah dapat menjadi dasar...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

Teknik Dasar Olahraga Bola Basket - Pembelajaran dan Latihan
Olahraga

Teknik Dasar Olahraga Bola Basket – Pembelajaran dan Latihan

by Ahmad Mubarok
Februari 14, 2022
0

Permainan bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima orang pemain. Tujuan...

Teknik Dasar Olahraga Bola Basket - Pembelajaran dan Latihan

Teknik Dasar Olahraga Bola Basket – Pembelajaran dan Latihan

by Ahmad Mubarok
Februari 14, 2022
0

Cara Cetak S25 Kepala Madrasah

Cara Mencetak Surat S25 Keaktifan Kolektif Pada Layanan Simpatika

by Operator
Oktober 16, 2021
0

Bagian-Bagian Mesin CNC dan Penjelasannya

Bagian-Bagian Mesin CNC dan Penjelasannya

by Bambang Sumantoro
Januari 3, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Teknik Dasar Olahraga Bola Basket – Pembelajaran dan Latihan

Bagian-Bagian Mesin CNC dan Penjelasannya

Kinerja Sistem Kopling Manual dan Kopling Otomatis Pada Motor

Proses Mengambil Ukuran Dalam Menjahit

Variasi Teknik Menggiring/Dribbling Permainan Sepak Bola

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.