Senin, 08 Februari 2021 10:36

Cara Memasang AMP Pada Situs Joomla Menggunakan wbAMP

Written by
Rate this item
(1 Vote)
Advertisement
Continue Reading Below

Bagi kalian pengguna CMS Joomla, secara sistem joomla belum mendukung fitur AMP, dan tidak ada dukungan secara resmi dari team inti development Joomla terhadap layanan AMP. Tetapi kalian tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada beberapa plugin pihak ketiga yang dapat kalian jadikan solusi apabila ingin menerapkan AMP pada CMS Joomla.

Accelerated Mobile Pages atau dikenal dengan AMP adalah teknologi baru dengan sistem open source yang didukung oleh perusahaan teknologi besar yaitu Google. Tujuannya adalah untuk memberikan layanan konten ke para pengguna khususnya mobile devices mampu mengakses situs berbasis joomla jauh lebih cepat dari konten website biasa.

wbAMP merupakan plugin Joomla yang berfungsi memberikan dukungan AMP pada situs berbasis MS Joomla. wbAMP dibuat oleh pengembang plugin Joomla yang bernama Yannick Gaultier pemilik dari website weeblr.com. Menariknya wbAMP sebagai plugin Joomla ini memiliki lisensi GPLv2 or later atau open source yang dapat kita coba secara gratis, dan jika kalian menginginkan fitur yang lebih banyak, maka plugin wbAMP menyediakannya pada versi Pro yang dapat dibeli seharga $69. Dibawah ini sudah kami buatkan langkah-langkah Cara Memasang AMP di CMS Joomla menggunakan plugin wbAMP.

Pada cara instal plugin wbAMP kali ini kami menggunakan wbAMP edisi free dengan lisensi open source.

Langkah-Langkah Cara Memasang AMP Pada Joomla

  1. Download plugin wbAMP di website di Joomla! Extensions Directory (JDE) atau bisa langsung ke websithttps://weeblr.com/download, kemudian klik pada tombol download pada file wbAMP Community Edition
    pemasangan amp di website berbasis joomla
  2. Bila sudah selesai mengunduh kalian akan mendapatkan file plugin bernama plg_wbamp_xxx_community.zip 
  3. Kemudian lanjutkan dengan pemasangan plugin wbAMP melalui backend website Joomla! kalian.
    pemasangan amp di website berbasis joomla 1
  4. Setelah melihat kotak dialog penginstalan plugin Joomla, kalian bisa melakukan pemasangan seperti contoh gambar dibawah ini.
    pemasangan amp di website berbasis joomla 2
  5. Bila proses instalasi sudah selesai, bisa langsung klik di tombol warna biru Access wbAMP Plugin setup, seperti pada gambar di bawah inipemasangan amp di website berbasis joomla 3
  6. Atau kalian bisa mengaksesnya dari menu daftar plugin, pilih Extensions -> Plugin -> Cari wbAMP Pluginpemasangan amp di website berbasis joomla 5
  7. Kemudian akan masuk ke bagian daftar dari semua plugin Joomla yang kalian miliki, pada bagian cukup banyak plugin yang memang sudah terpasang sebelumnya, sehingga posisi wbAMP mungkin berada pada page 2, 3 atau seterusnya, Maka dari itu untuk memudahkan pencarian plugin wbAMP lakukan seperti pada gambar berikut ini:pemasangan amp di website berbasis joomla 5
  8. Kemudian akan dihasilkan pencarian dengan kata kunci amp, sebagai berikutpemasangan amp di website berbasis joomla 6

Setelah instalasi berhasil, plugin wbAMP otomatis sudah aktif (sperti gambar di atas), sehingga kalian tidak perlu mengaktifkan kembali plugin wbAMP. Dan apabila kalian akses halaman AMP pada website Joomla kalian sudah dapat diakses, akan tetapi masih ada beberapa pengaturan yang perlu kalian sesuaikan, seperti logo, menu utama dan beberapa fitur AMP lainnya yang dapat kalian gunakan.

Pengaturan Plugin wbAMP Pada CMS Joomla

pemasangan amp di website berbasis joomla 7Pada edisi gratis, wbAMP hanya memberikan beberapa opsi dasar saja, seperti opsi merubah logo pada gambar di atas, namun pada versi pronya banyak sekali pengaturan yang tersedia dan beberapa tema tambahan juga diberikan.

Akan tetapi dengan versi komunitas ini sudah mencukupi apabila kalian ingin website Joomla yang kalian miliki telah mendukung teknologi AMP. Demikan cara memasang AMP di CMS joomla menggunakan plugin wbAMP yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Read 254 times Last modified on Senin, 08 Februari 2021 10:40
Artikel Rekomendasi

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)