Rabu, 03 Februari 2021 15:06

Cara Menambahkan Custom CSS ke Situs Berbasis Joomla

Written by
Rate this item
(2 votes)
Advertisement
Continue Reading Below

Custom.css adalah file tambahan yang dibuat oleh para web desainer pada CMS joomla yang dikhususkan untuk memodifikasi tampilan pada situs berbasis joomla. Pembuatan css kustom oleh pengguna atau penyedia template joomla difungsikan agar ketika template nanti di update maka tidak akan berpengaruh pada inti CSS file yang dimiliki CMS joomla. Sehingga bisa meminimalkan error pada saat pembaruan CMS joomla.

Banyak pengguna CMS Joomla melakukan pemasangan template atau ekstensi untuk merubah tampilan pada situs mereka. Namun, bagi kalian yang menginginkan tampilan yang lebih baik agar terlihat keren untuk para pengunjung, maka yang harus dilakukan adalah memodifikasi kode yang merupakan inti sistem joomla. Saya sendiri menyarankan agar kalian menambahkan custom.css daripada harus mengubah kode inti pada template.css yang merupakan core system CMS Joomla.

Menggunakan custom.css pada joomla memberi keleluasan untuk membuat desain website yang unik dan berbeda dari lainnya, memungkinkan kalian untuk menyesuaikan tampilan elemen yang dipih dari warna, ukuran, tata letak, dan lain-lain.

Pada tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada kalian cara menambahkan Custom CSS untuk mengubah desain situs dengan aman. Saya sendiri pada panduan kali ini menggunakan CMS joomla versi terbaru yaitu 3.9.x dan juga bisa kalian gunakan untuk joomla versi 4.

Menambahkan File Custom.CSS Style CMS Joomla

  1. Masuk ke bagian Extension -> Templates -> Templates
    menambahkan custom.css kode ke joomla 1
  2. Pilih template yang ingin kalian tambahkan custom.css file
    menambahkan custom.css kode ke joomla 2Disini saya menggunakan templates Helix Ulttimate, tampilan sebelum ditambahkan kode custom.css lihat gambar dibawah ini.
    menambahkan custom.css kode ke joomla 3
  1. Pada menu diatas pilih New File, lalu akan muncul pop pembuatan file
    menambahkan custom.css kode ke joomla 4
  2. Lalu kalian klik folder css -> masukkan nama file bernama custom -> lalu pilih pada bagian Select File Type : css -> klik Create. Lihat pada gambar dibawah ini.
    menambahkan custom.css kode ke joomla 5
  3. Maka akan muncul file baru bernama custom.css disinilah nanti kalian akan mengisikan kode-kode untuk merubah tampilan website agar lebih terlihat lebih keren tanpa merubah struktur inti sistem templates.
    menambahkan custom.css kode ke joomla 6
  4. Selesai! Sekarang kalian tinggal berinovasi dengan berbagai tampilan pada template situs kalian.

Terakhir kalinya saya sarankan untuk jangan pernah edit template.css file atau CSS lainnya dari struktur sistem template yang sedang kalian gunakan. Alasannya adalah bahwa semua perubahan yang sudah kalian lakukan akan ditimpa ketika template melakukan pembaruan (kembali ke kode asli) dan ini bisa menyebabkan situs kalian akan error atau rusak. Sehingga kalian akan lebih tenang ketika akan ada update template terbaru. Sekian dari tutorial cara menambahkan custom css ke situs berbasis joomla. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar website yang menggunakan CMS joomla.

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Read 292 times Last modified on Rabu, 03 Februari 2021 15:33
Artikel Rekomendasi

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)