Senin, 08 Februari 2021 10:30

Cara Mengalihkan URL Joomla menggunakan Plugin Redirect 301

Written by
Rate this item
(0 votes)
Advertisement
Continue Reading Below

Ketika kalian perlu mengubah URL halaman website berbasis joomla, namun khawatir tentang bagaimana cara mengarahkan URL dari yang lama ke URL baru ? Tenang, CMS Joomla 4 punya solusi untuk masalah redirect 301 kalian dengan plugin System - Redirect dan Web Services - Redirect yang sudah menjadi fitur pada CMS satu ini.

Jika kamu baru saja mengubah salah satu URL halaman dari website yang sedang dikelola karena keperluan yang penting, pengunjung website yang sering datang ke situs kamu untuk membaca atau mencari tutorial nantinya akan kesulitan untuk mendapatkan halaman yang mereka cari karena URL lama sudah berubah menjadi URL yang baru. Sehingga para pengunjung dari situs yang kamu kelola hanya akan mendapatkan Error 404 Page Not Found, dan ini sangat fatal karena bisa menyebabkan kehilangan visitor dikemudian hari.

Dengan menggunakan fitur 301 redirect plugin dari Joomla 4 yang bisa kalian dapatkan dari CMS ini. Maka fitur ini bisa sangat membantu bagi kamu untuk mengarahkan para pengunjung situs untuk langsung menuju ke URL baru yang sudah kalian ubah. Melalui artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana mengarahkan redirect 301 dari URL lama ke URL baru di CMS Joomla 4.

Cara Mengarahkan URL Joomla 4 Menggunakan Plugin Redirect

Sekarang pertanyaan utamanya adalah bagaimana kamu mengatur pengalihan URL untuk situs web Joomla. Jawabannya sederhana, karena Joomla menangani pengalihan 301 menggunakan plugin built-in yang disebut System - Redirect. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk mengaktifkan redirect 301 untuk URL apa pun di situs Joomla 4.

Langkah 1 : Menemukan plugin redirect Joomla 4

Pertama masuk ke panel backend Administrator Joomla 4. Setelah itu, sekarang kamu klik pada bagian Plugin. Lihat gambar dibawah ini.

mengalihkan redirect 301 joomla 4

Fitur bawaan dari plugin redirect dinonaktifkan secara default. Jangan khawatir kamu bisa mengaktifkannya dengan satu klik.

Langkah 2 : Mengaktifkan plugin System - Redirect

Setelah kamu masuk ke menu plugin, akan terlihat banyak sekali plugin-plugin yang ada di dalam Joomla untuk mencarinya cukup kamu ketik dibagian kotak dialog pencarian dengan kata kunci “redirect”. Nanti akan muncul dua plugin redirect yaitu System – Redirect dan Web Services – Redirect, lihat gambarnya dibawah ini.

mengaktifkan redirect 301 joomla 4

Pastikan kedua plugin ini aktif, biasanya untuk Web Services – Redirect sudah aktif ketika waktu penginstalan Joomla 4. Selanjutnya, System – Redirect tinggal kalian aktifkan dengan cara kalian langsung klik dibagian pluginnya di ikon x menjadi atau kamu bisa mengklik pluginnya untuk melihat beberapa fitur lagi didalamnya.

fitur redirect 301 joomla 4
  1. Colect URLs = Pastikan pilihan ini aktif karena berfungsi untuk mengumpulkan semua URL yang sudah tidak aktif.
  2. Include Domain Name in Expired URL = Pilihan ini difungsikan untuk ikut memasukkan nama domain atau tidak dalam URL yang sudah tidak aktif.
  3. Exclude URLs = Seperti namanya ini digunakan untuk mengecualikan URL yang tidak diinginkan untuk dialihkan.
  4. Term* = Kotak dialog ini digunakan untuk memasukkan URL yang ingin dikecualikan.
  5. Regular Expression = Kotak kecil ini digunakan bagi kamu yang mengisi kotak dialog pada bagian Term*, dengan Regular Expression. Ini digunakan bagi kalian yang sudah ahli menggunakan Reges (Regular Expression).
  6. Setelah selesai dengan semua pengaturan diatas, kamu Save & Close
mengaktifkan redirect 301 joomla

Sekarang plugin redirect sudah aktif, sekarang saatnya menggunakan plugin ini dibagian menu redirect.

Langkah 3 : Menambahkan URL lama ke URL baru di Joomla 4

Bagi kamu yang bingung, bisa masuk ke bagian System -> Redirect -> Klik New untuk menambahkan URL yang baru.

menu redirect 301 mengarahkan url joomla 4menu redirect 301 mengarahkan url joomla 4menu redirect 301 mengarahkan url joomla 4

Setelah kamu klik New, maka akan muncul menu baru lagi dari tujuh pilihan yang ada, hanya ada empat yang bisa di isi dan dua yang wajib di isi. Lihat gambar dibawah ini.

fitur plugin redirect 301 joomla 4
  1. Expired URL * = Fungsinya untuk memberikan URL lama yang sudah non-aktif.
  2. New URL = Fungsinya untuk memberikan URL baru yang berguna untuk mengarahkan URL yang kadaluwarsa.
  3. Status = Fugnsinya untuk menyatakan URL dalam kondisi Enabled, Disabled, Trashed, dan Archived.
  4. Comment = Memberikan sebab URL dialihkan.
  5. ID = Penomoran pada URL joomla.
  6. Created Date = Pembuatan redirect URL.
  7. Last Updated Date = Pengubahan URL yang sudah ada.

Artikel saya ini mencontohkan URL yang sudah non aktif dengan https://kutekno.com/01-cara-redirect-joomla-4 ke URL yang baru menjadi  https://kutekno.com/cara-redirect-joomla-4. INGAT ! ini hanya contoh ya.

System akan menghasilkan ID untuk setiap URL redirect 301 ditambahkan. Itu juga akan merekam tanggal ketika itu dibuat (Created Date) dan diperbarui (Last Updated).

Setelah ditambahkan URL-nya lalu klik Save & Close, setelah itu kamu akan melihat tampilan redirect seperti dibawah ini.

simpan plugin redirect 301 joomla 4

Uji cobalah mengunjungi URL lama yang abru saja kalian arahkan ke URL baru, dan Selamat! Sekarang halaman URL kamu sudah dialihkan.

CATATAN!: Pastikan tautan kedaluwarsa yang ditambahkan harus menampilkan halaman 404, ini biasanya terjadi untuk beberapa alamat halaman website yang sudah terindeks oleh mesin telusur seperti bing atau google.

Jadi dengan langkah-langkah sederhana diatas, kamu sekarang dapat menyelamatkan para pengunjung dari kekecawaan ketika datang ke halaman website yang diinginkan. Dengan bantuan plugin ini, SEO situs pun tidak terhambat dan tidak mengurangi peringkat situs di search engine.

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Read 256 times Last modified on Jumat, 24 Desember 2021 19:05
Artikel Rekomendasi

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)