Rabu, 03 Februari 2021 14:36

Latihan Belajar Cara Instal CMS Joomla Versi 4 Di Localhost

Written by
Rate this item
(1 Vote)
Advertisement
Continue Reading Below

Terkait cara instal CMS Joomla 4, versi ini lebih menyederhanakan lagi proses instalasi dibandingkan dengan versi Joomla sebelumnya. Artikel ini menunjukkan kepada kalian bagaimana cara menginstal Joomla 4 di web server lokal (localhost) XAMPP. XAMPP adalah salah satu software stack untuk membuat web server lokal di PC atau laptop. kalian juga dapat menggunakan software stack lain seperti LAMP atau AMPPS untuk membuat web server lokal.

Joomla merupakan sebuah Content Management System (CMS) yang banyak digunakan setelah CMS WordPress. Joomla sejak awal kemunculannya pada tahun 2005 adalah sebuah Content Management System (CMS), berbeda dengan WordPress yang pada awalnya merupakan sebuah platform blog yang dalam perkembangannya saat ini berubah menjadi CMS. Joomla merupakan CMS berbasis bahasa pemrograman PHP. Sekarang ini, Joomla telah mendukung beberapa macam database seperti MySQL, SQLite, Microsoft SQL Server dan PostgreSQL.

Joomla termasuk CMS yang mengalami perkembangan pesat. Bila kalian telah menggunakan Joomla dari Joomla 1.5, Joomla 2.5 dan Joomla 3, kalian dapat merasakan adanya peningkatan fitur yang semakin baik. Tidak hanya dari sisi fitur, user interface dari administrator atau panel admin Joomla juga mengalami perubahan total. kalian akan semakin dimudahkan ketika mengelola website Joomla melalui administrator Joomla 3.

Pengembang Joomla kini sedang bekerja mempersiapkan Joomla 4. Saat artikel ini ditulis, Joomla 4 masih di alpha 4. Rilis stabil Joomla 4 masih belum pasti, namun diperkirakan akhir 2018 atau awal 2019. Isu utama di Joomla 4 adalah integrasi dengan bootstrap 4, peningkatan kode inti Joomla, template baru (front-end dan back-end), proses instalasi lebih sederhana, waktu muat laman lebih cepat dan fitur untuk meningkatkan SEO.

Langkah-Langkah Cara Instal CMS Joomla 4

Langkah 1 : Unduh File Dari Situs Joomla 4

Pastikan kalian telah mengunduh (download) file instalasi Joomla berekstensi .zip disini.

Langkah 2: Mulai Lakukan Cara Instal Joomla 4

Buat folder baru di folder htdocs dari folder instalasi XAMPP, misalnya joomla4 sebagai tempat file instalasi Joomla 4. Ekstrak file instalasi Joomla 4 berekstensi .zip dan letakkan di folder joomla4. Buka web browser, ketikkan http://localhost/joomla4 dan tekan Enter untuk mulai proses instalasi Joomla 4 di web server lokal (localhost) XAMPP.

joomla 4 di server lokal

Langkah 3: Pengaturan Bahasa Dan Situs Domain

Di laman pertama instalasi Joomla 4, pilih bahasa instalasi Joomla, ketikkan nama website Joomla yang sedang dibuat, dan kemudian klik tombol Setup Login Data.

Cara instal Joomla 4 di web server lokal XAMPP

 

Langkah 4: Pengaturan Setup Data Login Administrator

Di laman Login Data, isi real name (nama asli) lalu username untuk akun Super User yang bertindak sebagai administrator website back-end Joomla, password, alamat email dan klik tombol Setup Database Connection untuk melanjutkan proses pemasangan.

login data username instalasi Joomla 4

Langkah 5: Konfigurasi Database Situs Joomla 4

Di laman Database Configuration, pilih type database atau ambil saja nilai default yaitu MySQLi, bila kalian menggunakan web server lokal (localhost) XAMPP, default login ke database MySQL menggunakan username root dan untuk password kosongkan saja, tentukan nama database, misalnya joomla_db atau kalian bisa mengunakan default yang diberikan, tentukan table prefix atau kalian bisa menggunakan nilai default yang diberikan atau menggantinya sesuai keinginan dan terakhir klik tombol Instal Joomla untuk mulai menginstal CMS Joomla 4.

database configuration instal Joomla 4 di web serverGambar 1 Database Configuration
Cara instal Joomla 4 di web server lokalGambar 2 Database Configuration

Langkah 6: Memulai Instal CMS Joomla 4

Proses pemasangan joomla ini membutuhkan waktu beberapa menit, ditunggu saja waktunya hingga muncul page selanjutnya. Pada langkah ini layar kalian akan menampilkan logo Joomla yang berputar-putar, ini adalah proses terakhir saat instal Joomla 4. Bagi kalian yang masih menggunakan laptop RAM 4GB dengan banyak aplikasi mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan seperti biasanya.

proses pemasangan joomla 4 web server lokal

Di laman berikutnya, kalian dapat mengklik tombol Install Additional Language bila ingin menginstal bahasa (language) lainnya sebagai bahasa utama area administrator (back-end) Joomla atau menginstal contoh data. Namun tombol Install Additional Language cenderung diabaikan kecuali bila kalian baru di CMS Joomla dan menginstal Joomla untuk tujuan belajar. Lihat Contoh gambar dibawah ini:

proses terakhir pemasangan website joomla 4

Bila ingin menyelesaikan instalasi Joomla 4 dan kemudian melihat tampilan website Joomla 4 (front-end), klik tombol Complete & Open Site atau bila kalian ingin menyelesaikan instalasi Joomla 4 dan kemudian masuk ke area administrator (back-end) Joomla, klik tombol Complete & Open Admin.

1. Tampilan depan/front-end website Joomla

proses pemasangan joomla 4

2. Tampilan back-end untuk login sebagai Administrator Joomla

tampilan depan setelah proses instal joomla 4

Sekian pembahasan mengenai cara install joomla sebagai CMS (Content Management System) di web server lokal. Semoga membantu kalian.

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Read 262 times Last modified on Sabtu, 25 Desember 2021 13:56
Artikel Rekomendasi

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)