Sabtu, 16 Januari 2021 10:48

Perbandingan Office 2019 atau Office 365, Mana yang lebih cocok ?

Written by
Rate this item
(1 Vote)
Advertisement
Continue Reading Below

Jika kamu baru mengenal Microsoft Office atau berencana untuk melakukan upgrade, mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang Office 2019 dan Office 365 dari Microsoft. Meskipun dua produk dari Microsoft Office ini memberi kamu akses ke kumpulan aplikasi yang sama, seperti word, excel, power point, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa perbedaannya terletak pada beberapa list daftar penyempurnaan aplikasi dan biaya ketika kamu membelinya, sekaligus lisensi yang nanti kalian miliki. Lihat perbedaan antara Office 365 atau Office 2019 dibawah ini.

Sistem Pembayaran Berkala
Office dari Microsoft 365
Satu Kali Pembayaran
Office 2019
office 365
office 2019
Microsoft 365 (sebelumnya Office 365) adalah opsi terbaik bagi siapa saja yang membutuhkan akses ke berbagai aplikasi Office dan manfaat tambahan untuk menggunakan lisensi di beberapa perangkat. Kamu dapat berbagi satu langganan dengan orang lain hingga enam orang. Ini juga satu-satunya pilihan yang menawarkan pembaruan dan peningkatan secara berkelanjutan. Selain itu untuk perawatan sistemnya dikenakan biaya yang rendah dari pihak Microsoft. Namun, dengan menggunakan opsi ini, biaya bulanan atau tahunan mungkin saja bisa berubah, dan kamu mungkin akan membayar fitur yang bahkan tidak pernah digunakan.
Jika hanya memerlukan satu fitur utama di satu komputer, Office 2019 mungkin yang kamu butuhkan. Karena produk ini menyertakan semua alat yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan mengenai sekolah atau kantor, termasuk Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook. Satu-satunya kekurangannya adalah bahwa pembayaran yang dilakukan sekali dan cukup sekali, akan membuthkan biaya relatif mahal, bahkan kamu harus membayar lagi untuk versi terbarunya, dan kamu tidak mendapatkan fitur tambahan.
Kelebihan:
  • Satu lisensi hingga enam orang
  • Semua akses aplikasi microsoft office
  • Dukungan dari Microsoft
  • Dukungan sistem operasi Windows 7,8,10, dan macOS
Kelebihan:
  • Pembayaran dilakukan sekali
  • Akses aplikasi utama office
  • Pengalaman pengguna yang lebih ramah
  • Pembaruan Keamanan
  • Dukungan Windows 10 dan macOS
Kekurangan:
  • Pembayaran bulanan atau tahunan
  • Peningkatan aplikasi bisa membebani sistem pada komputer atau laptop
  • Pembayaran pada fitur yang tidak digunakan
  • Fungsionalitas terbatas, jika terjadi masalah pada layanan
Kekurangan:
  • Satu lisensi, satu perangkat
  • Fitur terbatas
  • Tidak mendapatkan pembaruan
  • Tidak mendapatkan dukungan pelanggan
  • Hanya mendukung Windows 10 dan macOS

 

Office 2019

tentang office 2019

Office 2019 adalah nama yang digunakan Microsoft untuk versi standalone dari salah satu aplikasi populernya. Ini tidak memerlukan langganan, artinya Anda memiliki salinan selamanya setelah pembelian satu kali.

Menggunakan versi standalone (juga dikenal sebagai versi Office "perpetual" atau "lokal"), kamu dapat menginstal aplikasi di satu perangkat seperti komputer atau laptop, dan kamu akan menerima pembaruan keamanan. Namun perlu kalian ketahui bahwa kamu tidak akan mendapatkan peningkatan versi terbaru. Ini berarti kamu harus menggunakan Office selama siklus aplikasinya (biasanya sekitar lima tahun), jika kalian ingin menggunakan fitur baru dan versi Office 2019 terbaru, maka kamu harus membeli lisensi baru.

Meskipun Office 2019 hadir dengan aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook dengan lebih banyak peningkatan dibandingkan versi lamanya, namun Office 2019 hanya menghadirkan sebagian fitur. Selain itu, Office 2019 juga banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan manfaat yang disediakan bagi para pengguna yang berlangganan Microsoft 365.

Misalnya, dengan Office 2019 versi terbaru, kamu tidak akan menemukan fitur Cloud dan AI, dengan fitur lain yang disediakan, seperti 1TB yang merupakan Penyimpanan Cloud OneDrive, Outlook.com premium, dan kredit gratis perbulan untuk melakukan panggilan telepon rumah menggunakan Skype.

Kenapa kamu harus membeli Office 2019 ?

Office 2019 dibuat khusus untuk para pengguna dengan mempertimbangkan yang belum siap untuk beralih ke versi Office berbasis Cloud dan ini juga dikhususkan bagi pelanggan yang ingin menginstalnya di perangkat komputer atau laptop saja, tetapi siapa pun dapat membeli penawaran dari produk Microsoft ini.

Jika kamu adalah konsumen yang ingin menggunakan aplikasi secara lokal, maka produk ini adalah pilihan yang tepat, dengan tampilan yang lebih ramah dan sudah dikenal, serta kamu juga harus menyiapkan uang yang lebih jika ingin membeli Office 2019 dari Microsoft ini.

Satu lagi yang perlu diketahui, bahwa ketika kalian membeli lisensi untuk satu komputer atau laptop berbasis operasi sistem Windwos atau macOS dengan satu kali pembayaran. Kamu juga masih bisa menginstal aplikasi ini di perangkat mobile, namun tentunya dengan batasan fitur atau fitur utamanya saja.

Perilisan Office 2019 ada dua versi yaitu Office Home & Student 2019 dan Office Home & Business 2019 dengan harga masing-masing Rp1.899.999, dan Rp5.099.999. Office Home & Student 2019 hadir dengan Word, Excel, dan PowerPoint, sedangkan Office Home & Business 2019 menyertakan Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook.

Microsoft 365

tentang microsoft 365

Microsoft 365 adalah nama layanan berbayar yang menggantikan Office 365. Meskipun namanya sekarang berbeda, kamu masih mendapatkan aplikasi yang sama yang tersedia dengan Office 2019 dan manfaat yang sama seperti Office 365. Namun, dengan branding baru, kamu juga mendapatkan aplikasi, fitur, dan keuntungan tambahan.

Microsoft 365 mengharuskan pembayaran langganan bulanan atau tahunan, menyediakan akses ke semua aplikasi populer dari produk ini. Beberapa aplikasi yang diberikan kepada pelanggan adalah seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher, Access, dan lain-lainnya untuk semua perangkat kamu, termasuk PC, Mac, dan bahkan smartphone. Dengan ketentuan hanya enam perangkat saja yang bisa menikmati layanan ini. Bahkan kamu disediakan rencanan langganan yang bisa dibagikan kepada enam orang lainnya, seperti teman dan keluarga.

Hal terbaik dari langganan Microsoft 365 adalah kamu tidak perlu khawatir dengan pembaruan versi, dan kamu bisa menikmati versi terbarunya setiap dirilis oleh pihak Microsoft. Kamu juga mendapatkan fitur Cloud (misalnya, AI dan kolaborasi dokumen dengan orang lain secara langsung) untuk membuat kamu lebih produktif di sekolah, kantor, dan di seluruh perangkat gadget.

Sebagai bagian dari penawaran, setiap orang mendapatkan 1TB (TerraByte) penyimpanan OneDrive (total penyimpanan hingga 6TB dengan Family Subscription) dan mendapatkan layanan Skype gratis. Selain itu kamu bisa menelepon pihak Microsoft kapan saja jika terjadi masalah, dengan layanan yang sangat memuaskan dari Pusat Bantuannya.

Kenapa kamu harus membeli Microsoft 365 ?

Jika kamu memerlukan kontrol sepenuhnya dari semua aplikasi, maka Microsoft 365 mungkin pilihan terbaik karena produk inilah satu-satunya yang menawarkan fitur, pembaruan versi, serta biaya yang rendah untuk langganannya. Selain itu kalian mendapatkan akses ke semua aplikasi dekstop yang dapat terinstal di semua versi Windows termasuk versi 7/8/8.1/10 serta MacOS.

Jika kamu ingin berbagi akun dengan anggota keluarga atau teman, kamu harus memilih paket "Microsoft 365 Family" (sebelumnya "Office 365 Home") dengan biaya Rp. 1299.999 per tahun karena memungkinkan kamu untuk berbagi aplikasi dan manfaat dengan maksimal enam orang. Setiap orang yang diberikan hak lisensinya juga mendapatkan 1 TB OneDrive dan gratis Skype.

Fitur premium lainnya juga termasuk Microsoft Editor  yang berguna untuk memeriksa ejaan, tata bahasa, dan gaya penulisan ketika kalian mengetik. Alat kreatif didukung oleh teknologi AI seperti PowerPoint Presenter Coach, Ideas, Resume Assistant, dan Designer. Selain itu juga ada, konten kreatif berupa stok foto, template, ikon, dan font. Bahkan kamu bisa memonitor uang dari Excel untuk kebutuhan melihat, melacak, dan mengatur kebutuhan keuangan di rumah.

Beberapa aplikasi dan layanan yang disediakan pada Microsoft 365 juga tersedia secara gratis, tetapi dengan fungsi terbatas, yang hanya dapat digunakan secara penuh dengan berlangganan produknya. Kamu juga akan mendapatkan upgrade ke Outlook.com premium, yang menyertakan lebih banyak fitur seperti penyimpanan 50 GB, tanpa iklan, pesan yang di enkripsi, dan keamanan yang lebih baik daripada layanan email populer lainnya yang menyediakan secara gratis.

Jika kamu lebih memilih untuk membeli Microsoft 365, kamu harus membeli paket langganan tahunan karena jika mengambil harga bulanan akan menghabiskan lebih banyak uang.

Penawaran lainnya dari Microsoft 365 adalah menyediakan layanan gratis untuk siswa-siswi dan sekolah menggunakan email sekolah yang valid. Dengan layanan ini, kamu bisa mendapatkan access pada aplikasi utama yaitu Word, Excel, OneNote, PowerPoint, dan tool gratis lainnya untuk kegiatan sekolah.

Office 2019 atau Microsoft 365 mana yang lebih cocok untukmu?

Antara Office 2019 atau Microsoft 365 jawabannya adalah menyesuaikan kebutuhan kamu sebagai pengguna, dan bagaimana kamu akan menggunakan aplikasi ini. Namun, jika berencana untuk menggunakan produk ini untuk beberapa tahun mendatang, mungkin Microsoft 365 adalah pilihan terbaik untuk kamu. Ini dikarenakan kamu bisa memiliki akses penuh ke semua aplikasi dan berbagai manfaat dari fitur yang telah disediakan dengan biaya kepemilikan yang rendah per tahunnya.

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Read 393 times Last modified on Selasa, 07 Desember 2021 23:07
Artikel Rekomendasi

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)