• Bahasa Indonesia
  • English (UK)
Selasa, 05 Januari 2021 21:02

Peluang Usaha pada Bisnis Online (E-commerce) Di Era Digital

Rate this item
(1 Vote)
Advertisement
Continue Reading Below

Perkembangan di berbagai bidang terutama pada teknologi jaringan komputer atau internet membuat peluang usaha di bidang bisnis online semakin berkembang pesat. Salah satu yang sangat berpengaruh adalah perkembangan gadget membuat terjadinya perubahan gaya hidup atau lifestyle di kalangan masyarakat. Perubahan yang benar-benar terasa salah satunya pada kebiasaan belanja masyarakat. Jika dulu masyarakat berbelanja di pasar, toko atau tempat berbelanja lainnya secara langsung. Namun saat ini, masyarakat banyak yang memilih untuk berbelanja di toko online baik lokal maupun internasional karena dianggap lebih praktis dan mudah.

peluang usaha bisnis online

Penggunaan media sosial di berbagai aktivitas masyarakat memberikan peluang usaha yang sangat besar di bidang bisnis online, ini dikarenakan pengguna internet sosial pada awal tahun ini juga sangat banyak mengingat juga sedang adanya program penanggulangan covid 19 untuk bekerja dirumah (work from home). Oleh karena itu, sekarang ini banyak toko online bermunculan, bahkan lebih dari itu, banyak masyarakat yang terjun untuk berbisnis online. Namun yang paling penting dalam menangkap peluang usaha di bidang bisnis online adalah kemauan untuk mengubah mindset kita, kemauan untuk terus belajar, berkreativitas, inovatif dan komitmen tinggi terhadap usaha yang sedang dijalankan. Karena tanpa semua itu, peluang usaha online maupun offline tidak akan berhasil dan tidak akan berkembang.

Mengapa harus e-commerce?

Beberapa alasan penggunaan e-commerce dalam bidang perdagangan adalah sebagai berikut.

  1. Perdagangan di internet seperti tidak terbatas, karena dapat menembus batas negara, dan dapat menembus berbagai rintangan yang ada tanpa ada aturan- aturan khusus yang baku.
  2. Pelayanan lebih cepat dan layanan yang diinginkan oleh para pelanggan dapat segera ditindak lanjuti dengan secepat mungkin, sehingga perusahaan tersebut akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan tercepat bagi para pelanggan.
  3. Meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan-pejualan produk.
  4. Internet dapat menjadi penggerak untuk memperbaiki ekonomi domestik melalui liberalisasi jasa domestik dan mempercepat integrasi dengan kegiatan produksi global.

Pendukung Peluang Usaha E-Commerce Di Era Digital

Revolusi industri 4.0 terutama pada bidang teknologi komunikasi seperti gadget dan jaringan internet, menyebabkan kemajuan dunia bisnis yang sangat pesat, termasuk di Indonesia. Begitu juga persaingan di bidang bisnis perdagangan pun semakin ketat. Perkembangan di bidang perdagangan ini, harus dimanfaatkan oleh negara untuk meningkatkan pendapatan per kapita warga negaranya maupun untuk meningkatkan perekonomian negara. Khususnya bagi negara berkembang seperti Indonesia.

Indonesiatermasuk ke dalam salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna internet terbanyak setelah Amerika Serikat. Hal tersebut, membuka peluang yang sangat besar terutama pada perdagangan secara online (E-commerce). Karena saat ini, sebagian besar masyarakat memilih untuk melakukan pembelian produk secara online. Sehingga, para pelaku bisnis internet atau online tidak lagi merasa ragu akan keberhasilan perdagangan produknya dalam jaringan internet mengingat kontribusi penduduk masyarakat Indonesia sangat tinggi dalam penggunaan media internet. Perkembangan teknologi terutama pada mobile phone atau gadget semakin lama semakin pesat. Mobile phone atau yag sering kita sebut gadget, mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.

Generasi yang saat ini sedang bekembang adalah jaringan 5G atau fifth generation (generasi kelima). Teknologi terbaru seluler ini baru direncanakan dirilis pada tahun 2020. Jaringan 5G diprediksi memiliki kecepatan tiga kali lipat dari kecepatan generasi-generasi sebelumnya. Beberapa kelebihan dari 5G, di antaranya, yaitu, memiliki rata rata kecepatan data yang lebih tinggi, hemat energi, biaya lebih murah, kapasitas sistem yang lebih besar, dan konektivitas utuh. Kecepatan transfer data yang ditawarkan 5G merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Peluncuran 5G tebagi menjadi dua fase yaitu, fase pertama pada April 2019 dan fase kedua pada April 2020.

Saat ini peluang usaha diberbagai bidang sangatlah terbuka lebar. Kreatif dan inovatif serta unik sangatlah diperlukan untuk memperbesar keuntungan yang bisa kita dapatkan dari peluang usaha yang ada. Lihatlah beberapa produk-produk unik yang bisa menjadi inspirasi dan memiliki peluang usaha yang besar! Selain itu, perkembangan dunia usaha pun semakin pesat. Hal itu dapat dilihat dengan semakin banyaknya startup yang bermunculan.

Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Advertisement
Continue Reading Below
Read 318 times Last modified on Kamis, 03 Jun 2021 19:29
Artikel Rekomendasi

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

  • Bahasa Indonesia
  • English (UK)