• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Otomotif > Penjelasan Diagnosa Kerusakan Blok Silinder Sepeda Motor

Penjelasan Diagnosa Kerusakan Blok Silinder Sepeda Motor

Bambang Sumantoro by Bambang Sumantoro
Agustus 2, 2022
in Otomotif

Setelah melakukan pembongkaran, pengukuran, pemeriksaan bagian mekanisme blok silinder dan kelengkapannya. Terdapat pula komponen-komponen bagian blok silinder beserta kelengkapannya yang harus dianalisis dan menjadi penyebab permasalahan pada mesin sepeda motor, antara lain terdiri dari:

diagnosis masalah blok silinder
  1. Diagnosa Kerusakan Piston dan Kelengkapannya

Beberapa permasalahan piston yang diakibatkan oleh proses langkah mesin (Stroke) dan mengalami kerja mesin cukup berat adalah proses kompresi, tekanan, dan temperature suhu panas. Berikut ini beberapa permasalahan yang terjadi pada pistol antara lain sebagai berikut:

  1. Kotoran kerak karbon yang menempel pada bagian kepala piston maupun kotoran akibat oli pada dinding piston diakibatkan oleh proses pembakaran di dalam ruang bakar.
  2. Goresan lecet dan keretakan pada bagian dinding piston, berlubangnya bagian kepala piston karena terbakar merupakan akibat dari temperature suhu panas yang berlebihan dan kurang tercukupinya kebutuhan oli pelumasan pada dinding blok silinder.
  3. Keausan pena piston akibat dari longgarnya lubang piston yang diakibatkan oleh pemakaian mesin sudah melebihi ambang batas pemakaian dan ambang batas service.
  4. Rusaknya cincin piston akibat patah, hal itu terjadi akibat dari kurangnya oli pelumasan sehingga mengalami macet dan menyebabkan cincin patah dan akhirnya menimbulkan suara berisik pada mesin.
  5. Rusaknya batang piston diakibatkan oleh mesin pada saat bekerja berada pada putaran kecepatan tinggi, posisi gigi masih berada di tingkat tinggi dan biasanya terjadi pada saat berkendara di jalan yang ekstrim (terjal dan berliku) secara terus-menerus. Selain itu, dapat pula terjadi akibat pengoperasian motor tidak normal, yaitu dengan menarik tuas kopling secara menghentak dan melepasnya kembali menyebabkan batang piston oblak atau goyang. Biasanya terjadi pada jenis motor yang memakai kopling manual.

Uraian di atas adalah beberapa indikasi permasalahan piston dan perlengkapannya yang harus segera diantisipasi dengan cara penggantian piston dan kelengkapannya, karena apabila dibiarkan terlalu lama kerusakan tersebut dipastikan akan merambat pada mesin sepeda motor secara keseluruhan.

  1. Diagnosa kerusakan Blok Silinder

Permasalahan kerusakan yang terjadi bagian blok silinder yaitu dari kebocoran kompresi sehingga mengakibatkan kompresi lemah. Hal itu terjadi di antara bagian kepala silinder dan blok silinder. Salah satunya akibat gasket ataupun permukaan yang tidak rata pada kepala silinder maupun blok silinder. Bisa juga diakibatkan oleh oli pelumasan yang tidak normal, cincin piston rusak sehingga mengakibatkan piston dan dinding blok silinder lecet atau mengalami aus.

Kerenggangan yang terlalu jauh antara dinding blok silinder dan piston juga bisa menyebabkan pembesaran pada dinding blok silinder yang mengakibatkan dinding blok silinder aus dan tergores. Hal lainnya yang bisa menyebabkan dinding blok silinder lecet juga bisa terjadi pada pemakaian cleaner/cairan pembersih yang kurang tepat.

Perbaikan dan Pemasangan Komponen Blok Silinder

  1. Langkah Memasang Cincin Piston

Pemasangan cincin piston pada piston harus dipastikan untuk membersihkan alur-alur ring piston dan piston dari kotoran yang menempel. Pemasangan cincin piston pada piston untuk motor empat langkah terdiri dari tiga cincin. Dua cincin terdiri dari cincin kompresi dan satu cincin oli. Pastikan nomer dan huruf yang tertera pada cincin piston berada pada permukaan atas. Letakkan tiap celah ujung ring piston pada jarak 120o dan periksa cincin agar dapat berputar dengan bebas dalam alurnya.

  1. Langkah Memasang Piston

Lumasi permukaan luar pena piston dengan minyak pelumas supaya licin, kemudian pasang piston dengan tanda IN menghadap ke lubang pemasukan dan pasang pena pistoln serta klip penahannya.

  1. Langkah Memasang Blok Silinder

Bersihkan permukaan blok silinder dari gasket, dipastikan tidak ada kotoran dan sisa gasket yang menempel pada bagian permukaan blok silinder pasang pin dowel, gasket dan cincin O. Lumasi piston dengan oli supaya licin dan masukkan piston ke dalam blok silinder dengan diolesi minyak pelumas terlebih dahulu pada dinding blok silinder supaya bagian blok tidak lecet pada saat memasukkan piston ke blok silinder. Selanjutnya pasang roda pembimbing rantai mesin, pasang baut silinder jangan dikencangkan, dan terakhir pasang kepala silinder. Periksa kembali semua komponen terpasang sempurna pastikan komponen terpasang dengan benar dan pengencangan sesuai dengan standar yang disesuaikan.

Kesimpulan Diagnosis Blok Silinder Sepeda Motor

Proses mendiagnosa, menganalisa, membongkar, memeriksa, mengukur, dan memperbaiki blok silinder sepeda motor harus dilakukan secara berproses dengan seringnya berlatih (Process by the doing). Seringnya diadakan praktikum adalah salah satu cara dalam melatih keahlian dan kemampuan untuk bisa mendiagnosa serta menganalisa gangguan sehingga kamu mampu untuk melakukan perbaikan mesin sepeda motor pada bagian blok silinder.

Dari beberapa penyebab gangguan mesin sepeda motor umumnya dan khususnya pada bagian blok silinder lewat proses diagnosa suara sesungguhnya bisa dianalisa faktor-faktor yang menyebabkan gangguan/kerusakan mesin sepeda motor. Oleh karena itu, cara yang paling mudah dengan menganalisa lewat suara mesin sepeda motor selain daripada pemeriksaan dengan cara membongkar, memeriksa dan mengukur tiap komponen pada mesin tersebut khususnya pada bagian blok silinder. Bagi yang sudah terbiasa dan ahli dalam diagnosa gangguan dan perbaikan sepeda motor tentu saja itu merupakan hal yang mudah. Akan tetapi, bagi yang belum terbiasa keahlian tersebut diperoleh dari seringnya mendiagnosa, menganalisa, membongkar, memeriksa, mengukur, dan memperbaiki mesin sepeda motor. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai bahan untuk berlatih memperdengarkan mesin dan pengamatan visual yang berhubungan dengan kepala silinder (Cylinder Head) dan blok silinder (Cylinder Blok) dengan kategori pemilahan mesin sebagai berikut :

  1. Suara mesin sepeda motor normal
  2. Suara mesin sepeda motor dengan kerusakan batang piston
  3. Suara mesin dengan kerusakan katup
  4. Suara mesin dengan kerusakan rantai sintrik (Cam Chain)

Beberapa hal tersebut merupakan akibat sering mengasah dan merlatih keterampilan, keahlian tersebut pasti akan kamu dapatkan ketika kamu sering berlatih untuk memperbaiki kendaraan secara mandiri dan sering melakukan perbaikan pada bagian tersebut maupun di bengkel umum yang biasa kamu gunakan untuk berlatih.

Related Article

Rekomendasi dan Harga Mesin CNC Terbaik di Pasaran

Rekomendasi dan Harga Mesin CNC Terbaik di Pasaran

Februari 25, 2022
Teknik Dasar Pengoperasian Mesin CNC Frais

Teknik Dasar Pengoperasian Mesin CNC Frais

Februari 5, 2023
Klasifikasi Minyak Pelumas Serta Komponen Dalam Pelumasan Kendaraan

Klasifikasi Minyak Pelumas Serta Komponen Dalam Pelumasan Kendaraan

Januari 3, 2022
Identifikasi Gangguan Pada Sistem Pendinginan Cairan

Identifikasi Gangguan Pada Sistem Pendinginan Cairan

Juni 4, 2022
Previous Post

Klasifikasi Kepala Silinder Serta Fungsi di Mesin Kendaraan

Next Post

Mengoperasikan Mesin CNC : Teknik Dasar dan Fungsinya

Latest Posts

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

Mempelajari Klasifikasi Blok Silinder Mesin 2 Langkah dan 4 Langkah

by Bambang Sumantoro
Maret 21, 2025
0

Blok silinder sepeda motor berfungsi sebagai tempat jalur gerak piston dengan kemampuan menerima tekanan pada peristiwa pembakaran dan pelepasan panas...

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

Belajar Komponen Utama Mesin Kendaraan Serta Kegunaannya

by Bambang Sumantoro
Februari 4, 2025
0

Komponen-komponen utama dalam mesin dibagi menjadi bagian yang  bergerak dan  yang tidak bergerak. Komponen yang tidak bergerak yaitu kepala silinder,...

Rumus Waktu Pemesinan Bubut CNC (Computer Numerical Control)

Rumus Waktu Pemesinan Mesin Bubut CNC (Computer Numerical Control)

by Bambang Sumantoro
Januari 19, 2025
0

Rumus waktu pemesinan mesin bubut CNC (Computer Numerical Control) merupakan perhitungan dalam membuat benda kerja atau komponen pada mesin bubut...

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

Perusahaan di Bidang Mesin CNC Indonesia dan Internasional

by Operator
Desember 21, 2024
0

Dalam dunia perindustrian yang semakin maju maka untuk bidang konstruksi dan manufaktur saat ini sudah tidak lagi banyak menggunakan tenaga...

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

Perkembangan Mesin CNC Pada Era Revolusi Industri

by Bambang Sumantoro
Agustus 16, 2024
0

Pada Era Revolusi Industri 4.0 saat ini penggunaan Mesin CNC hampir digunakan di segala bidang Industri Usaha. Mulai dari bidang...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia
Prakarya dan Kewirausahaan

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

Kerangka atau dasar pemikiran yang diberikan dari peraturan kekayaan intelektual kepada seorang individu untuk perlindungan hukum terhadap ciptaannya...

modul sejarah indonesia kelas 12

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

by Ali Irsad
November 2, 2022
0

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Hukum Internasional : Pengertian, Tujuan Serta Ruang Lingkupnya

Memahami Jenis-Jenis Karburator Dalam Sistem Bahan Bakar Motor

Mempelajari Dasar-Dasar Pemrograman Mesin Bubut CNC

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.