Kumpulan Latihan Soal AKM Dan Kisi-Kisi Semua Jenjang Pendidikan

Kumpulan Latihan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK yang akan saya bagikan kali ini akan membahas mengenai konsep dan model soal yang akan diselenggarakan oleh kemdikbud nantinya. Sebelum itu, mari kita pelajari terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai apa itu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang nanti diselenggarakan oleh Pusmenjar. Awal mulai Tahun Pelajaran 2020/2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menetapkan Assesmen Nasional untuk mengganti Ujian Nasional yang biasanya dilaksanakan sejak satu dekade lalu. Pelaksanaan Asesmen Nasional pada siswa semua jenjang sederajat rencananya akan diselenggarakan pada tahun 2021 nanti.

Instrumen Kumpulan Latihan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Kumpulan latihan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
  2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid;.
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat sekolah.

Pengertian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Soal-soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi matematika murid. Konten yang diukur pada literasi membaca dan numerasi adalah konten yang bersifat esensial serta berkelanjutan lintas kelas maupun jenjang. Tidak semua konten pada kurikulum diujikan, sehingga sifatnya minimum.

Perbedaan Asesmen Kompetensi Minimum dan Ujian Nasional

PERBEDAAN
UN
AKM & SK
Jenjang Penilaian
SMP/MTs, SMA/MA dan SMK
SD/MI,  SMP/MTs, SMA/MA dan SMK
Level Murid
Tingkat Akhir
V, VIII, dan XI
Subjek Murid
Sensus seluruh murid
Sensus sekolah, dengan sampel murid
Tingkat Jenis  Tes
Highstake
Lowstake
Model Soal
Pilihan Ganda
dan Isian Singkat (Matematika SMA/ SMK)
Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, dan Uraian
Periode tes per murid
4 Hari
2 hari
Moda Pelaksanaan
Semi online
Full Online supervised (utama), Semi online dan offline  (sekolah tertentu)
Metode Penilaian
Computer Based Test (CBT)
Computerized MultiStage Adaptive
Spesifikasi minimal Infra Sekolah
Komputer Client dan BW (jelas)
Server sekolah tidak perlu, 1360 x 768, dan Windows 7 ke atas, BW 20 MBps  untuk 50 peserta

Apa perbedaan Soal AKM(Asesmen Kompetensi Minimum) dan Survei Karakter

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengukur hasil belajar kognitif yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Sementara Survei Karakter mengukur hasil belajar emosional yang mengacu pada Profil Pelajar Pancasila dimana pelajar Indonesia memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

konsep kumpulan latihan soal akm

Untuk soal Asesmen Kompetensi tahun 2021 sendiri hanya akan mencakup literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Literasi yang dimaksudkan adalah kemampuan membaca, dan juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep sebuah tulisan, serta kemampuan Literasi Sains. Sedangkan numerasi (matematika) adalah pengetahuan dan kecakapan yang digunakan untuk mengukur, antara lainnya adalah menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Kemampuan numerasi ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan tangkas untuk menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan.

tujuan kumpulan latihan soal akm

Kumpulan Latihan Soal AKM Model dan Konsep Soal

  1. Pilihan Ganda, murid hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.
  2. Pilihan Ganda Kompleks, murid dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.
  3. Menjodohkan, murid menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
  4. Isian singkat, murid dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
  5. Uraian, murid menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

Direncanakan pelaksanaan AKM untuk murid kelas VIII jenjang SMP/MTs, serta kelas IX jenjang SMA/MA, dan SMK akhir Maret 2021, pelaksanaan AKM untuk murid kelas V jenjang SD/MI adalah di bulan Agustus 2021. Berikut ini Kumpulan Latihan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Untuk Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Tahun 2021 yang diambil dari kumpulan soal-soal PISA (Programme for International Student Assessment). Sebagaimana diketahui agar kualitas dari soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum) bukan hanya berstandar nasional namun juga diharapkan memiliki tingkat standar internasional, maka Assesmen Kompetensi Minimum akan mengacu pada dua praktek assessment internasional yaitu Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA) bekerjasama dengan lembaga bertaraf internasonal seperti Organization for Economis Cooperation and Development (OECD).

Hasil dari tes Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Karena hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, Asesmen Nasional tidak terkait dengan kelulusan peserta didik. Penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan Pendidik dan Satuan Pendidikan. Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional adalah sebuah ikhtiar agar Tujuan Pendidikan Nasional dapat diwujudkan sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 yakni; “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Kumpulan Latihan Soal AKM Untuk Peserta Didik

Bagi siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK yang ingin belajar dan latihan soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), berikut ini saya bagikan Kumpulan Latihan soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum) untuk semua jenjang Tahun 2021. Kumpulan Latihan soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum) pada pembahasan ini mencakup literasi membaca dan numerasi. Silahkan dibuat belajar melalui link yang sudah disediakan dibawah ini:

Link Latihan Soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum)

Link Latihan Soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum)

Link Latihan Soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum)

Link Latihan Soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum)

Link Latihan Soal AKM (Assesmen Kompetensi Minimum) Pembahasan PISA dan TIMSS

Demikian pembahasan mengenai kumpulan latihan soal AKM semua jenjang Tahun 2021. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih atas kunjungannya.

Baca juga:

Artikel Terkait

Artikel Terkait

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

DMCA.com Protection Status

Social Media Madrasah AL AHROM

Social Media Share Kami

facebook icon smallyoutube icon small

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.