Kumpulan Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah Aliyah (MA)

Tenaga profesional sebagai seorang pendidik atau Guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kondisi yang berbeda yang dialami oleh guru, mengakibatkan timbulnya berbagai kendala dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Oleh karena itu, ada dua skema yang akan dilakukan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah untuk mengukur profesionalisme guru, kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis. Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah Aliyah MA yang akan saya bagikan kali ini berguna untuk membantu Bapak/Ibu Guru yang mengikuti Asesmen Kompetensi yang diselenggarakan oleh Pemerintah melalui Kemenag. Perlu diketahui bahwa test asesmen ini digunakan untuk mengukur nilai akademis bagi Guru, Kepala Madrasah, serta Pengawas Madrasah. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun yaitu dengan konsep test Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP).

Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah Aliyah MA

Asesmen Kompetensi baik AKG, AKK, dan AKP pada tahun 2020 ini, akan dilaksankan secara online pada bulan November 2020 secara serentak di seluruh Indonesia dengan kriteria peserta :

  1. Guru, kepala, dan pengawas madrasah memiliki Nomor Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (NPK) yang terdaftar aktif dalam SIMPATIKA
  2. Guru aktif mengajar sesuai mata pelajaran pada sertifikat pendidik dan atau sesuai kualifikasi akademik S1/D4, dikecualikan bagi guru MI dan guru di wilayah 3T
  3. Kepala Madrasah yang aktif melaksanakan tugas, ditunjukkan dengan bukti nilai Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Bentuk dukungan pemerintah terhadap Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui implementasi proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) – yang disingkat RealEdPro atau MEQR, yaitu sebuah program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama yang sumber pendanaannya melalui Pinjaman Luar Negeri Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 sampai dengan 2024.

Baca juga:

Berikut link Latihan Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah Aliyah MA Tahun 2020, semoga dapat membantu persiapan Bapak/Ibu guru yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Guru, khususnya bagi para Pendidik yang mengajar di Madrasah Aliyah. Jadi Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah Aliyah MA ini dibuat hanya sebagai bahan latihan bagi Bapak/Ibu guru yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Guru AKG MA Tahun 2020.

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Pedagodik

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Matematika

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Biologi

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Fisika

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Kimia

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Ekonomi

Link Latihan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru MA Mata Pelajaran Bimbingan Konseling(BK)

Demikian informasi tentang Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru AKG Madrasah Aliyah MA Tahun 2020 dan Pembahasan. Semoga untuk Bapak/Ibu ada manfaatnya guna belajar Asesmen Kompetensi yang diselenggarakan nanti oleh KEMENAG, terima kasih.

Baca juga:

Artikel Terkait

Artikel Terkait