• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Kurikulum > Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA Terbaru

Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA Terbaru

Admin MAS Al Ahrom by Operator
Juli 9, 2022
in Kurikulum

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagaimana dinyatakan pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 ayat (22). Oleh karena itu, dibutuhkan Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK guna menjadi syarat penilaian atas kelayakan dan kinerja sekolah/madrasah.

Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK

Sedangkan Visitasi Evaluasi Akreditasi adalah kunjungan ke sekolah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah melalui Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah. Proses akreditasi dilakukan secara terbuka dengan tujuan untuk membantu dan memberdayakan program dan satuan pendidikan agar mampu mengembangkan sumber dayanya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Mengingat pentingnya akreditasi sebagai salah satu upaya untuk menjamin dan mengendalikan kualitas pendidikan, Pemerintah membentuk Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Tim Penilaian Akreditasi atau Asesor dituntut untuk mampu menggali data dan informasi secara benar, obyektif, dan terukur sesuai dengan tujuan yang diharapkan dari setiap butir perangkat akreditasi.

FUNGSI BUKTI PERANGKAT PENILAIAN SATUAN PENDIDIKAN

Perangkat Akreditasi sekolah/madrasah yang komprehensif dapat memetakan secara utuh profil sekolah/madrasah, memiliki fungsi sebagai berikut.

  1. Pengetahuan

Yaitu sebagai informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah/madrasah dilihat dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar nasional pendidikan beserta indikator-indikatornya.

  1. Akuntabilitas

Yaitu sebagai bentuk pertanggungjawaban sekolah/madrasah kepada  publik, apakah layanan yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/madrasah telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.

  1. Pembinaan dan pengembangan

Yaitu sebagai dasar bagi sekolah/madrasah, pemerintah, dan  masyarakat dalam upaya peningkatan atau pengembangan mutu sekolah/madrasah.

  1. Landasan Hukum Akreditasi

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional (Sisdiknas), Pasal 60, tentang Akreditasi menjelaskan bahwa:

  1. Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan.
  2. Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik.
  3. Akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.
  4. Ketentuan mengenai akreditasi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.

SISTEM DATA, INFORMASI, DAN MONITORING MELALUI PERANGKAT AKREDITASI

Dalam rangka memperkuat BAN-S/M sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan yang mandiri diperlukan sistem informasi terkait Komponen Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK yang meliputi basis data (database) sekolah/madrasah, sistem monitoring, sistem penilaian, hasil akreditasi, dan database asesor. Sistem Informasi dikembangkan agar proses akreditasi dapat dilaksanakan lebih efisien, terkontrol, dan akuntabel sehingga sistem ini dapat menjamin data proses dan hasil akreditasi tersimpan dengan baik, mutakhir, mudah diakses, dan dipahami. Salah satu bagian penting dari sistem informasi adalah sistem penilaian akreditasi secara daring yang selanjutnya disebut dengan Sispena-S/M, yang sudah terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Education Management Information System (EMIS) Kementerian Agama.

Sispena-S/M bukan saja alat bantu, akan tetapi merupakan salah satu alat utama yang digunakan untuk menentukan berjalan atau tidaknya proses akreditasi. Bahkan Sispena-S/M menjadi pintu gerbang pertama untuk menentukan sekolah/madrasah dapat mengikuti proses akreditasi atau tidak.

  • Penskoran

Penskoran hasil akreditasi menggunakan Program Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi. Sekolah/madrasah dinyatakan “terakreditasi”, jika memperoleh nilai akhir akreditasi sekurang-kurangnya 71; Sistem  skoring dari dua aspek penilaian akreditasi mengikuti ketentuan sebagai berikut.

  • Nilai ke-4 (empat) komponen akreditasi utama terdiri atas 1) mutu lulusan, 2) proses pembelajaran, 3) guru, dan 4) manajemen sekolah/madrasah, dihitung dengan bobot 85%.
  • Nilai asesmen kecukupan dihitung dengan bobot 15%.
  • Nilai akhir untuk menentukan peringkat akreditasi satuan pendidikan dihitung dengan penjumlahan nilai komponen akreditasi utama (85%) dan nilai komponen akreditasi pendukung (15%), seperti ditunjukkan Tabel dibawah ini

No.

Komponen Akreditasi

Simbol Komponen Akreditasi

Bobot Tahap

Bobot

A

Tahap 1 (Asesmen Kecukupan)

P

0,15

B

Tahap 2 (Visitasi Kinerja)

U

0,85

1. Mutu Lulusan

U1

0.30

2. Proses Pembelajaran

U2

0.25

3. Guru

U3

0.15

4. Manajemen Sekolah

U4

0.15

Catatan:

P = Komponen Asesmen Kecukupan

U = Komponen Kinerja

Nilai Akhir Penilaian Akreditasi Satuan Pendidikan dihitung dengan rumus:

?? =  0.15? + (0.30?1 + 0.25?2 + 0.15?3 + 0.15?4)

2. Pemeringkatan Hasil Akreditasi

Peringkat akreditasi menggunakan kriteria sebagai berikut:

  • Peringkat akreditasi A (Unggul), jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 91 sampai dengan 100 (91 < NA < 100).
  • Peringkat akreditasi B (Baik), jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 81 sampai dengan lebih kecil dari 91 (81 < NA < 91).
  • Peringkat akreditasi C (Cukup Baik), jika sekolah/madrasah memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 71 sampai dengan lebih kecil dari 81 (71 < NA < 81).

Proses akreditasi dilakukan secara terbuka dengan tujuan untuk membantu dan memberdayakan program dari satuan pendidikan agar mampu mengembangkan sumber daya-nya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Mengingat pentingnya akreditasi sebagai salah satu upaya untuk menjamin dan mengendalikan kualitas pendidikan, Pemerintah membentuk Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

Berikut kami lampirkan informasi tentang Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK tahun 2020, Sebagaimana Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 2 ayat (1) menyebutkan bahwa lingkup SNP meliputi:

Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah silahkan download file pada link di bawah ini:

  • (1) standar isi – Link Download
  • (2) standar proses – Link Download;
  • (3) standar kompetensi lulusan – Link Download;
  • (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan – Link Download;
  • (5) standar sarana dan prasarana – Link Download;
  • (6) standar pengelolaan – Link Download;
  • (7) standar pembiayaan – Link Download; 
  • (8) standar penilaian pendidikan – Link Download.

Sekian informasi Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK yang bisa kami sampaikan, dan semoga kegiatan akreditasi menjadi pendorong dan dapat menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan dan memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu sekolah/madrasah yang berkelanjutan, serta terus berusaha mencapai mutu yang diharapkan.

Baca juga:

  • Kumpulan Perangkat Pembelajaran SMA/MA Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020-2021
  • Kumpulan Soal Dan Kisi-Kisi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pusmenjar Tahun 2020-2021
  • Kumpulan Soal, Kisi-Kisi, dan Pembahasan Asesmen Kompetensi AKG AKK dan AKP Kemenag 2020
  • Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) dan Pembahasan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun 2020
  • Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahun 2020
  • Kumpulan Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah Aliyah (MA)

Related Article

modul prakarya dan kewirausahaan pdf

Modul Prakarya dan Kewirausahaan Jenjang SMA/MA Guru dan Siswa

September 9, 2021
latihan soal ksm online tahun 2020

Latihan Soal KSM Online Tahun 2020 Semua Jenjang

Juni 15, 2023
modul pembelajaran bahasa inggris pdf

Modul Bahasa Inggris Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Bagi Guru dan Siswa

Juli 9, 2023
soal pilihan ganda akm

Latihan Soal Literasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Oktober 11, 2023
Previous Post

KBM Kembali Dimulai, Kemenag Ingatkan Madrasah Antisipasi Penyebaran COVID-19

Next Post

Latihan Soal KSM Online Tahun 2020 Semua Jenjang

Latest Posts

download modul biologi jenjang sma dan ma

Download Modul Biologi Jenjang SMA/MA Bagi Guru dan Siswa

by Operator
Februari 16, 2025
0

Download Modul Biologi pada jenjang SMA/MA ini saya bagikan supaya pendidikan Biologi dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari dirinya...

modul sejarah indonesia kelas 12

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Modul Sejarah Peminatan Kelas 12 ini merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari setiap kompetensi dan pokok bahasan yang akan...

Logo default ma al ahrom placeholder

Kumpulan Perangkat Pembelajaran SMA/MA Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020-2021

by Operator
Oktober 20, 2024
0

Perangkat pembelajaran adalah perlengkapan atau sebuah alat untuk melaksanakan proses yang memungkinkan Guru dan Siswa melakukan kegiatan proses belajar-mengajar dalam...

soal pilihan ganda akm

Latihan Soal Literasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

by Operator
Oktober 11, 2023
0

Latihan soal literasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang akan saya bagikan kali ini ditujukan untuk melatih peserta didik dalam hal...

modul pembelajaran bahasa inggris pdf

Modul Bahasa Inggris Kelas 10, 11 dan 12 SMA/MA Bagi Guru dan Siswa

by Operator
Juli 9, 2023
0

Modul Bahasa Inggris ini merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari setiap kompetensi dan pokok bahasan yang akan disampaikan untuk...

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia
Prakarya dan Kewirausahaan

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

Kerangka atau dasar pemikiran yang diberikan dari peraturan kekayaan intelektual kepada seorang individu untuk perlindungan hukum terhadap ciptaannya...

modul sejarah indonesia kelas 12

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 12 SMA/MA

by Operator
November 28, 2024
0

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

by Ali Irsad
November 2, 2022
0

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Sejarah Peradaban Bangsa Arab Sebelum Kedatangan Islam

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Hukum Internasional : Pengertian, Tujuan Serta Ruang Lingkupnya

Memahami Jenis-Jenis Karburator Dalam Sistem Bahan Bakar Motor

Mempelajari Dasar-Dasar Pemrograman Mesin Bubut CNC

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.