Pada pertengan semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 kami berdiskusi di forum madrasah mengenai Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4446 Tahun 2020. Menurut Edaran Dirjen Pendis tersebut, disebutkan bahwa Asesmen Kompetensi Guru madrasah (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala madrasah (AKK), dan Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP). Rencananya AKG, AKK, dan AKP tersebut akan dilaksanakan secara serentak pada November 2020. Maka dari itu, saya akan memberikan beberapa Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah AKPM;yang bisa Bapak/Ibu Pengawas Madrasah pelajari guna menghadapi AKPM sesuai tanggal yang ditentukan.
Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKPM) merupakan penilaian terhadap kompetensi kepala madrasah sebagai bagian penilaian kinerja kepala madrasah dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan dan jabatannya. Pembinaan dan pengembangan profesi guru, kepala dan pengawas madrasah hanya dapat dilakukan secara efisien dan efektif, jika berbasis pada hasil pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah. Akurasi hasil AKP yang telah dipetakan digunakan sebagai dasar program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan menjadi bagian dari proses Penilaian Kinerja dan Kompetensi (PKK).
Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang latihan beberapa Asesmen Kompetensi Guru (AKG) dan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKKM) yang bisa digunakan untuk latihan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah AKP-M. Kementerian Agama akan menggelar Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah yang direncakan mulai bulan Nopember tahun 2020 ini. Rencana tersebut disampaikan melalui Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020 Perihal : Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah.
Soal Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) atau materi yang diujikan terkait dengan Kompetensi Supervisi Manajerial, Kompetensi Supervisi Akademik, Kompetensi Evaluasi Pendidikan dan Kompetensi Penelitian dan Pengembangan. Berikut ini Indikator Asesmen Kompetensi Pengawas sebagaimana terlampir dalam Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020 Perihal : Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah.
-
Kompetensi Supervisi Manajerial
-
- Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di madrasah
- Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di madrasah
- Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan di madrasah.
- Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di madrasah.
- Membina kepala madrasah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di madrasah.
- Membina kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di madrasah.
- Mendorong guru dan kepala madrasah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di madrasah.
- Memantau pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala madrasah dalam mempersiapkan akreditasi madrasah.
-
Kompetensi Supervisi Akademik
-
- Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, atau mata pelajaran di Madrasah.
- Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik proses pembelajaran/bimbingan di Madrasah.
- Membimbing guru dalam menyusun silabus mata pelajaran di Madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
- Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui pelajaran di Madrasah.
- Membimbing guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk tiap mata pelajaran di Madrasah.
- Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa pada tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.
- Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.
- Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
-
Kompetensi Evaluasi Pendidikan
-
- Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dalam pembelajaran/bimbingan di Madrasah.
- Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
- Menilai kinerja kepala madrasah, guru, dan staf Madrasah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
- Memantau pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
- Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan mata pelajaran di Madrasah.
- Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala madrasah, kinerja guru, dan staf madrasah.
-
Kompetensi Penelitian dan Pengembangan
-
- Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan.
- Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas.
- Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif.
- Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya.
- Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif.
- Menulis karya tulis ilmiah (PTS) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan.
- Menyusun pedoman/panduan dan/atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di madrasah.
- Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di madrasah.
Berikut ini adalah Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah yang dapat digunakan bagi Bapak/Ibu Pengawas Madrasah untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKPM). Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah dibawah ini terdiri dari beberapa paket soal yang bisa anda pelajari, antara lain:
Paket 1 – Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
Paket 2 – Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
Paket 3 – Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
Paket 4 – Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
Sekian informasi tentang Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah AKPM yang mampu saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Pengawas Madrasah yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah tahun ini.
Baca juga:
- Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKKM) 2020
- Kumpulan Soal Dan Kisi-Kisi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pusmenjar Tahun 2020-2021
- Kumpulan Soal, Kisi-Kisi, dan Pembahasan Asesmen Kompetensi AKG AKK dan AKP Kemenag 2020
- Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) dan Pembahasan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun 2020
- Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahun 2020
- Kumpulan Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah Aliyah (MA)