• Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
MAS Al Ahrom Karangsari
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota
  • EN
No Result
View All Result
MA Al Ahrom Karangsari
No Result
View All Result

Home > Pengumuman Madrasah > Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKKM) 2020

Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKKM) 2020

Admin MAS Al Ahrom by Operator
September 9, 2021
in Pengumuman Madrasah

Pada pertengan semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 kami berdiskusi di forum madrasah mengenai Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4446 Tahun 2020 Asesmen Kompetensi Guru, Kepala Madrasah, dan Pengawas Madrasah. Menurut Edaran Dirjen Pendis tersebut, disebutkan bahwa Asesmen Kompetensi Guru madrasah (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala madrasah (AKK), dan Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP). Rencananya AKG, AKK, dan AKP tersebut akan dilaksanakan secara serentak pada November 2020.

kumpulan soal asesmen kompetensi kepala madrasah

Meskipun Asesmen Kompetensi Minimum yang akan dilaksanakan tersebut hanyalah bertujuan sebagai dasar dan pemetaan untuk rencana dan tindak lanjut pembinaan yang tepat sasaran nantinya, tetapi tidak ada salahnya kita sebagai Tenaga Pendidik mempersiapkan diri dengan baik. Karena hasil asesmen kompetensi yang akan kita kerjakan nanti(bagi yang sudah memenuhi syarat dan mengajukan verval ajuan ijazah) tersebut akan mengukur kualitas individu dalam melaksanakan kinerja sesuai tugas pokok dan fungsi selama ini.

Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) merupakan penilaian terhadap kompetensi kepala madrasah sebagai bagian penilaian kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam rangka pembinaan karir, dan tugas fungsi pokok Guru dalam kegiatan belajar. Pembinaan dan pengembangan profesi guru, kepala dan pengawas madrasah hanya dapat dilakukan secara efektif jika berbasis pada hasil pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah. Akurasi hasil AKK yang telah dipetakan digunakan sebagai dasar program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan menjadi bagian dari proses Penilaian Kinerja dan Kompetensi (PKK).

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang beberapa latihan Asesmen Kompetensi untuk Guru Madrasah (AKG) yang bisa digunakan untuk latihan. Ternyata, beberapa rekan Guru, Kepala Madrasah, dan Pengawas Madrasah dari lingkungan Kabupaten sangat antusias pada latihan-latihan soal yang pernah dibahas sebelumnya. Sebagai bentuk apresiasi terhadap beberapa rekan-rekan Madarasah Kab/Kota lain dan juga para Kepala Madrasah yang meminta kami membuat pembahasan tentang AKG, AKM, dan AKK. maka inilah saya persembahkan pembahasan tentang Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK). Semoga tulisan ini ada manfaatnya.

 

Baca juga:

  • Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020
  • Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAKTerbaru

Dibawah ini kita akan membahas mengenai Kisi-kisi dan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) Tahun 2020 mencakup kemampuan atau kompetensi Manajerial, Kepemimpinan Madrasah, Kepemimpinan Pembelajaran, Kompetensi Supervisi, dan Kompetensi Kewirausahaan

Indikator Kisi-kisi Soal AKK Madrasah Kompetensi Manajerial, mencakup:

  1. Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
  2. Mengembangkan organisasi madrasah sesuai dengan kebutuhan.
  3. Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal.
  4. Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.
  5. Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.
  6. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.
  7. Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
  8. Mengelola hubungan madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan madrasah.
  9. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.
  10. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.
  11. Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.
  12. Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah.
  13. Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah.
  14. Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.
  15. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah.
  16. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

Indikator Kisi-kisi Soal AKK Madrasah Kompetensi Supervisi, mencakup:

  1. Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
  2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
  3. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

Indikator Kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) Tahun 2020 Kompetensi Kewirausahaan

  1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan madrasah.
  2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif.
  3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah.
  4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah.
  5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah sebagai sumber belajar peserta didik.

Ruang lingkup Materi Kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah adalah:

  1. Kepemimpinan Madrasah
  2. Kepemimpinan Pembelajaran
  3. Manajerial
  4. Supervisi
  5. Kewirausahaan

Adapun jumlah soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK tahun 2020) adalah 60 butir. Adapun Komposisi soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah adalah:

  1. Kepemimpinan Madrasah : 12 butir
  2. Kepemimpinan Pembelajaran: 12 butir
  3. Manajerial : 12 butir
  4. Supervisi : 12 butir
  5. Kewirausahaan : 12 butir

Berikut ini adalah Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah yang dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKKM. Latihan Soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah dibawah ini terdiri dari beberapa paket soal yang bisa anda pelajari, antara lain:

Link Latihan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) 2020

Sekian informasi tentang kisi-kisi dan soal Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah AKKM yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu Kepala Madrasah yang akan mengikuti Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah.

Baca juga:

  • Kumpulan Soal Dan Kisi-Kisi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pusmenjar Tahun 2020-2021
  • Kumpulan Soal, Kisi-Kisi, dan Pembahasan Asesmen Kompetensi AKG AKK dan AKP Kemenag 2020
  • Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) dan Pembahasan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tahun 2020
  • Kumpulan Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tahun 2020
  • Kumpulan Soal dan Pembahasan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah Aliyah (MA)
  • Panduan Pendaftaran Peserta AKG, AKM, AKP Pada Layanan Simpatika
  • Kategori Layanan Simpatika

Related Article

Logo default ma al ahrom placeholder

MA AL Ahrom Karangsari 013 surat pemberitahuan dewan guru masuk awal tahun pelajaran baru 2020 – 2021

April 11, 2022
Logo default ma al ahrom placeholder

Surat Keputusan Tugas Pokok dan Fungsi – PTK MAS AL-AHROM

April 17, 2022
Kumpulan Soal AKG MI (Madrasah Ibtidaiyah)

Kumpulan Soal AKG MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan Pembahasannya Tahun 2020

September 9, 2021
PPDB

PPDB MA AL Ahrom Karangsari

April 20, 2022
Next Post

MA AL Ahrom Karangsari 013 surat pemberitahuan dewan guru masuk awal tahun pelajaran baru 2020 – 2021

Latest Posts

Panduan Pengisian Template EMIS Madrasah

Panduan Pengisian Template EMIS Madrasah

by Operator
April 23, 2022
0

Panduan Pengisian Template EMIS Madrasah 2020 2021 yang akan saya jabarkan kali ini merupakan respon dari karena ada beberapa perubahan...

Logo default ma al ahrom placeholder

Jadwal Pembelajaran Adaptasi Kebiasaan Baru 2020-2021

by Operator
April 23, 2022
0

Pengumuman Jadwal Pembelajaran Adaptasi Kebiasaan Baru di MA AL AHROM Karangsari Tahun Pelajaran 2020/2021  

Panduan Pendaftaran Peserta AKG, AKM, AKP Pada Layanan Simpatika

Petunjuk Teknis SK Dirjen Pendis Tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah

by Operator
April 22, 2022
0

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas guru dan tenaga kependidikan madrasah melalui pelaksanaan asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah,...

PPDB

PPDB MA AL Ahrom Karangsari

by Operator
April 20, 2022
0

Logo default ma al ahrom placeholder

Pemberitahuan Siswa Awal Masuk Tahun Ajaran 2020/2021

by Operator
April 19, 2022
0

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

I agree to the Terms & Conditions and Disclaimer.

Popular Posts

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya
Ekonomi

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

by Aida
Januari 4, 2022
0

Dalam konteks kaitannya dengan penyediaan barang publik oleh pemerintah, maka yang menjadi tujuan akhir adalah meningkatkan kondisi pareto...

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

by Aida
Januari 4, 2022
0

modul sejarah peminatan kelas 11

Modul Sejarah Kelompok Peminatan Kelas 11 SMA/MA

by Operator
Mei 25, 2022
0

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya di Negara Indonesia

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

by Fatkul Mansyah
Januari 13, 2022
0

No Result
View All Result

Kategori

Efisiensi Pareto : Konsep, Model, Serta Kondisi Tercapainya

Teori Hak Kekayaan Intelektual, dan Undang-Undang yang Mengaturnya

Sejarah Perkembangan Islam Periode Modern

Sejarah Perjalanan Hijrah Rasulullah SAW Ke Kota Madinah

Konsep Sustainable Development (Pembangunan Berkelanjutan) Menurut Ahli

MA AL Ahrom Karangsari

Madrasah yang berdiri sejak tahun 2009, terletak di jalan Nangka No. 45 Karangsari, Karangtengah, Demak.

logo footer ma al ahrom

Bantuan

  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami

Sosial Media MA AL AHROM

Mari Follow dan Ikuti setiap kegiatan MA AL Ahrom Karangsari di social media kami.

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari – Design by MA Al Ahrom.

  • EN
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Visi dan Misi Madrasah
  • Pengumuman Madrasah
  • Menu Madrasah
    • Pendidik dan Tenaga Pendidik
    • RDM Madrasah
    • Info Madrasah
    • Pengumuman Kelulusan
    • Struktur Organisasi Madrasah
      • Struktur Organisasi Komite Madrasah
      • Struktur Organisasi Tata Usaha
      • Struktur Organisasi Perpustakaan
      • Struktur Organisasi Laboratorium Komputer
    • Mata Pelajaran
    • Pembelajaran
      • KTI Siswa-Siswi
      • Jurnal Madrasah
      • Jurnal Pengetahuan
      • Artikel Madrasah
    • Sarana Prasarana
  • Warga Madrasah
    • Pendaftaran
    • Login
    • Reset Password
    • Anggota

© 2021 MA Al Ahrom Karangsari - Design by MA Al Ahrom.